Prodi Ilmu Komunikasi Mulai Fokus Skripsi Karya

Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed yang terdiri dari Prodi S1 dan S2 mengadakan kegiatan workshop pada tanggal 20 dan 21 Juli 2023. Workshop terselenggara di Yogyakarta dengan mengusung topik tugas akhir. Persoalan tugas akhir masih masih menjadi fokus jurusan terutama yang berkaitan dengan lama studi dan menjaga kualitas lulusan. Perhatian workshop terutama diutamakan untuk membahas penyusunan pedoman tugas akhir non-skripsi atau skripsi karya.

Skripsi karya menjadi perhatian khusus karena melihat perkembangan arah pendidikan yang terfokus pada hasil. Mengundang narasumber Nyarwi Ahmad, Ph.D yang saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UGM dan Tri Nugroho Adi, M.Si dari GKM Ilmu Komunikasi Unsoed dan merupakan Tim LP3M Unsoed. Nyarwi berbagi cerita mengenai apa yang dilakukan Prodi Ilmu Komunikasi UGM terkait dengan tugas akhir non-skripsi yang telah dilakukannya beberapa tahun belakangan ini. Dia mengatakan bahwa tantangan dari penerapan tugas akhir non-skripsi adalah ada pada lembaga dan mahasiswa. Lembaga harus siap, terutama untuk sumber daya yang dibutuhkan untuk menguji tugas akhir dalam bentuk non-skripsi. Mahasiswa juga harus siap dengan bentuk baru tugas akhir non-skripsi dan mengikuti pedoman yang telah dibuat oleh lembaga.

Pada kegiatan workshop, Prodi Ilmu Komunikasi telah menyusun draft pedoman penyusunan tugas akhir non-skripsi yang siap diuji coba untuk diterapkan di semester depan. Sebagai penutup rangkaian kegiatan Tri Nugroho Adi menampilkan draft pedomanan penyusunan tugas akhir non-skripsi. 

Salam FISIP! Salam solidaritas!