Pembekalan Calon Wisudawan Ke-120 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Purwokerto, 5 Juni 2023 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik kembali menggelar kegiatan pembekalan kepada calon wisudawan ke-120. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh tim pusat karir FISIP Unsoed menjelang pelaksanaan wisuda yang tersenlenggara 4 periode dalam satu tahun. Secara rutin FISIP Unsoed membekali calon wisudawan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Acara pembekalan dibagi dua sesi, sesi pertama yaitu materi mengenai pengetahuan dan keterampilan calon lulusan dalam melamar pekerjaan. Materi ini disampaikan oleh Dr. Ugung Dwi Ario Wibowo, seorang psikolog yang memiliki banyak pengalaman dalam proses rekrutmen pegawai baik di instansi pemerintah, perusahaan daerah, maupun perusahaan swasta ternama. Ugung mengatakan bahwa tes dalam rekrutmen pegawai adalah untuk membuktikan kapasitas diri pelamar pekerjaan. Pelamar harus bisa membuktikan kompetensinya sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Sesi kedua diisi oleh alumni yang bekerja di bidang informal, Indriyani Dharmaputri, S.I.Kom, yang menekuni pekerjaan di bidangĀ design graphics. Menurutnya, saat ini lulusan perguruan tinggi harus mencoba berbagai kesempatan untuk meningkatkan kemampuannya. Dengan kemajuan teknologi saat ini banyak peluang yang bisa didapatkan oleh lulusan untuk mencoba bekerja informal di sector industry kreatif untuk mengasah kemampuannya. Pengalaman dan kemampuan inilah yang kemudian dapat menambah posisi tawar pelamar kerja bekerja di sektor formal yang persaingannya semakin ketat.

Salam FISIP! Salam solidaritas!