Seminar Akademik Jurusan Ilmu Politik, Bahas Masa Depan Demokrasi Pasca-Pandemi

Masa depan demokrasi Indonesia pasca pandemi Covid-19 dihantui tiga persoalan utama. Ketiganya adalah ketimpangan sosial dan ekonomi yang kian memburuk, korupsi yang makin akut, dan terus menguatnya populisme dan politik identitas. Ketiga persoalan itu dianggap akan makin membuat perkembangan demokrasi di Indonesia terus stagnan.

Ketimpangan sosial dan ekonomi kian memburuk karena pandemi Covid-19 sangat berdampak pada kesejahteraan ekonomi banyak warga kelas menengah ke bawah. Pada saat yang sama, korupsi atas bantuan sosial warga terdampak pandemi berkontribusi memperburuk kondisi pemberantasan korupsi. Sementara, politik identitas atas nama agama atau etnisitas akan dapat memperparah jurang polarisasi politik yang terbentuk sejak pemilu 2014. 

Hal di atas merupakan salah satu kesimpulan dari seminar akademik bertajuk ‘Masa Depan Demokrasi dan Kebijakan Kesehatan Pasca-Pandemi Covid-19’ yang diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Politik FISIP Unsoed pada Kamis 25 November 2021. Seminar yang diselenggarakan secara hybrid itu menghadirkan Dr. Dimpos Manalu dan Muhammad Iqbal Hafizon secara pembicaranya.

Semoga seminar ini mampu memantik diskusi mengenai masa depan demokrasi Indonesia. 

Salam FISIP! Salam solidaritas!


Windows Lizenz Windows 10 Lizenz Office 2019 Lizenz Kaufen Office 365 kaufen Windows 10 Home kaufen Office 2016 kaufen lisans satın al office 2019 satın al follower kaufen instagram follower kaufen porno