Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Menimba Ilmu dari KPU

Sejumlah mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman mengakhiri perkuliahan semester gasal dengan menimba ilmu langsung dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah Manajemen Parpol dan Pemilu ini diterima dengan hangat oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi,  beserta komisioner lain dan unsur Sekretariat, pertengahan Desember lalu. Kegiatan ini merupakan bagian perkuliahan yang diampu oleh Dosen Ilmu Politik FISIP UNSOED Purwokerto Ahmad Sabiq dan Andi Ali Said Akbar.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Banyumas menyampaikan materi mengenai  pengalaman KPU dalam menyelenggarakan pemilu yang ada di Indonesia baik pemilu legislatif maupun eksekutif.  Setelah itu acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai kepemiluan. Mahasiswa berpartisipasi aktif dalam menggali informasi lebih dalam seputar persoalan-persoalan  penyelenggaraan pemilu. 

Di akhir sesi Ketua KPU Kabupaten Banyumas mempersilahkan mahasiswa yang masih membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai kepemiluan untuk datang lagi ke KPU. Selain dapat pula  berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu Kabupaten Banyumas untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas .

Sebelum kegiatan ini, mahasiswa Jurusan Ilmu Politik juga pernah dikunjungi langsung oleh Komisioner KPU RI, Sigit Pamungkas. Ia mengisi satu sesi perkuliahan bagi mahasiswa yang mengambil matakuliah Bisnis dan Politik serta Pilkada dan Kontestasi Politik Lokal.

Materi yang disampaikan sangatlah menarik yakni berkaitan dengan pendanaan politik dalam pilkada. Mahasiswa sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan, lebih khusus terkait sisi gelap pembiayaan kampanye. Sejumlah Komisioner KPU dari Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap juga turut hadir mendampingi KPU RI  sehingga mahasiswa juga mendapatkan pengayaan materi dari penyelenggara pemilu di tingkat daerah.

Ilmu Politik Fisip, Maju Terus Pantang Menyerah !
 

You are here