Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Jurusan HI Berjaya di FISIP Debate Championship

ESOF (English Society of FISIP) sebagai UKM Bahasa Inggris di FISIP menyelenggarakan lomba debat Bahasa Inggris tingkat fakultas, yaitu FISIP Debate Championship (FDC). Kegiatan yang berpusat di Aula FISIP UNSOED ini bertujuan untuk mengasah dan menggali potensi bibit-bibit baru para calon debater FISIP sebagai penerus dari generasi sebelumnya. FDC tahun ini yang bertema Debate War : Which Side Are You On? diikuti oleh 4 tim yang masing-masing berasal dari jurusan Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi. Kegiatan ini berlangsung dua hari, tanggal 3-4 Desember 2016.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa Hubungan Internasional dibawah naungan KOMAHI selalu memberikan partisipasi aktif dengan mengirimkan delegasi-delegasi terbaiknya dalam FDC. Tidak hanya itu, di tahun ini mahasiswa Hubungan Internasional berpartisipasi tidak hanya menjadi debater, namun kegiatan ini juga diketuai oleh Rima Widyasari (HI 2014) sebagai Project Officer. Selain menjadi debater dan ketua panitia, partisipasi aktif mahasiswa Hubungan Internasional di FDC tahun ini dilengkapi dengan Kurniawan Yudhianto (HI 2012) dan Ayu Kusumaning Dewi (HI 2014) yang menjadi Core Adjudicator di kompetisi tersebut.

Sementara itu, delegasi dari Hubungan Internasional berjumlah 9 orang yang dibagi menjadi 3 team, yaitu Team Iron Man yang terdiri dari Raditya Dwiyanto (HI 2013), Saiful Azhar (HI 2016), dan Yudha Baskoro (HI 2013), Team Spiderman yang terdiri dari Shafira Permata Putri (HI 2016), Bagas Ainun Kusumo (HI 2016), dan Reza Desparika (HI 2016), serta Team Captain America yang terdiri dari Ade Kristiawan (HI 2016), Pramudhya Baskoro (HI 2016) dan Annisa Dwiana Putri (HI 2016). Para delegasi tersebut memperebutkan gelar juara yang belum pernah diraih sebelumnya, dimana di 2 FDC sebelumnya, Hubungan Internasional harus puas dengan menyabet gelar Runner-Up dan juara bertahan Best of The Best Speaker.

Setelah melalui babak penyisihan yang sengit, Team Iron Man berhasil melaju ke babak final dan berhadapan dengan tim debat dari jurusan Ilmu Komunikasi, yaitu Team Black Widow yang terdiri dari Dyan Suci P (Ilmu Komunikasi 2016), Sarah Qaida I (Ilmu Komunikasi 2014), dan Aulia Audina (Ilmu Komunikasi 2016). Dengan mosi yang erat dengan bidang sosial, yaitu This House Believes That State Should Build False Historical Narratives that Promote Social Cohesion (e.g. racial and religious tolerance), kedua tim dari perwakilan jurusan masing-masing saling melemparkan argumennya dan berusaha meyakinkan para juri untuk memenangkan tim nya. FISIP Debate Championship ini juga turut dimeriahkan oleh penampilan akustik dari Ardi Azhari (HI 2014), Sandy Ahmadio Imanda (HI 2014), dan Damasus Ndarujati (2014) yang menghibur para debater dan penonton di Aula FISIP UNSOED sembari menantikan keputusan para juri.

Hasil yang dicapai oleh juri adalah Split 6:3 dimana Team Iron Man yang merupakan delegasi dari jurusan Hubungan Internasional berhasil memenangkan debat di babak final, dan akhirnya menjadi juara dari FISIP Debate Championship ke-3. Sedangkan gelar Best of The Best Speaker tahun ini disandang oleh Dyan Suci dari Ilmu Komunikasi.

ESSOF Fisip, Maju Terus Pantang Menyerah !
 

You are here