Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Jurusan Administrasi Negara FISIP Kenalkan Nvivo pada Civitas Akademikanya

Perkembangan metode penilitian dalam hal pengolahan dan analisis data sangat cepat. Hal ini terkait dengan kecepatan dan ketepatan pengambilan keputusan atas data yang diperoleh, baik itu berupa data numeric atau non-numeric.. Hal ini menuntut dosen, mahasiswa dan peneliti untuk selalu memperbaharui penguasaan metode penelitian yang dikuasainya. Terkait dengan hal tersebut maka Jurusan Administrasi Negara dengan mengambil tempat di Meotel Kamis (12/10) menggelar Seminar Akademik Pengenalan Nvivo.

Hadir sebagai narasumber kegiatan ini Suripto, PhD., dari Universitas Gadjah Mada. Dalam laporannya Ketua Jurusan Administrasi Negara FISIP Dr. Wahyuningrat, M.Si., menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan analisis dan olah data dengan berbagai kategori untuk dosen, peneliti, mahasiswa S1 dan S2. Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Joko Santoso, M.Si., dalam sambutannya mewakili Dekan yang berhalangan hadir, menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan ini, kegiatan untuk peningkatan kapasitas dosen atau peneliti dalam penguasaan metode penelitian. “Diharapkan dengan penguasaan metode ini diharapkan kita tidak terjebak dalam pengkuantitatifikasi data penelitian, sehingga bisa memperluas bidang kajian penelitian kita”, tegasnya.

Diawal paparannya Suripto, PhD., menjelaskan bahwa Nvivo adalah piranti software utk menyimpan, mengorganisasi atau menata, dan meng-query data non-numerik atau data yang tidak terstruktur. Piranti ini dirancang mengolah data dalam bentuk teks atau informasi multi media. Piranti ini memungkinkan kita untuk mengklasifikasi, memilah-milah, dan menata data non-numerik yang berupa catatan lapangan, rekaman audio, video, dan transkrip, mengakaji keterkaitan antar data dan menata dan menganalisis data untuk menentukan pola-pola dan tema-tema.

Langkahnya adalah data atau unsur pisik dan ide yg terkandung di dalamnya yang masuk ditata dan dikoding. Penataan data pisik dan ide untuk memudahkan pelacakan dan analisis keterkaitan, sehingga memudahkan untuk dicari hubungan antar tema supaya bermakna. Cara membaca dan analisisnya harus melibatkan perspektif dan teori. Tema-tema yang terhubung satu sama lainnya akan membentuk bangunan model sehingga terbentuk konsep yang akan melahirkan teori. Diakhir paparan, ditegaskan dengan menggunakan Nvivo, penelitian kualitatif menjadi lebih mudah dan menyenangkan seperti main game. Acara dilanjutkan dengan praktik penggunaan Nvivo dengan dipandu Narasumber.

Maju Terus FISIP Unsoed...Pantang Menyerah....!!!
 

You are here