Eureka Chit Chat Public Lecture: Sosialisasi MBKM, MSIB, dan Kampus Mengajar Jurusan HI 

Kontributor:  Adinda Revitasya Dantis Saputri

Pada hari Minggu, tanggal 9 Juni 2024 telah dilaksanakan program “Sosialisasi MBKM, MSIB, dan Kampus Mengajar” di Auditorium Lantai 3 FISIP, Universitas Jenderal Soedirman. Program ini merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Korps Mahasiswa Hubungan Internasional dengan mengerahkan departemennya terutama Academia dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) selaku pelaksana suksesnya program ini. Dengan pembicara Ibu Ayusia Sabitha Kusuma, S.IP, M.Soc.Sc juga sebagai dosen di program studi HI, sosialisasi tersebut mendapat banyak perhatian dari banyak mahasiswa HI angkatan 2022 dan 2023. Selain itu, kehadiran Wakil Dekan HI Bidang Kemahasiswaan, Ketua Jurusan HI, dan juga beberapa dosen lain, turut meramaikan dengan memberikan kata sambutan dan berbagi insight terkait program MBKM, MSIB, dan Kampus Mengajar ini kepada seluruh entitas yang hadir dalam acara tersebut. 

Program MBKM diluncurkan oleh Kemendikbudristek untuk memberi mahasiswa kesempatan untuk belajar di luar kegiatan utama kampus. Tujuannya adalah untuk membekali mereka dengan pengalaman bekerja yang akan berguna di masa depan. Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah salah satu program di bawah MBKM. MSIB terdiri dari Magang Bersertifikat yang memberikan pengalaman kerja di perusahaan dan Studi Independen Bersertifikat yang bertujuan untuk mengatasi masalah industri. Program lain di bawah MBKM adalah Kampus Mengajar, yang mengajarkan siswa di sekolah untuk meningkatkan pendidikan dasar dan memberi mereka pengalaman mengajar yang berharga. Program ini memberi mahasiswa kesempatan untuk mempertahankan pengetahuan dan keterampilan non-akademis mereka, mendapatkan pengalaman kerja yang bermanfaat, dan memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Dalam sosialisasi ini, Ibu Ayusia Sabitha Kusuma, S.IP, M.Soc.Sc, bersama dengan Tim MBKM nya yang beranggotakan Ibu Fitri Adi Setyorini S.I.P., M.H.I. selaku sekretaris dan Ibu Dr. Tundjung Linggarwati S.IP, M.Si sebagai anggota tim, memaparkan materi tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka, terutama salah satu program nya yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Tidak hanya itu, dijelaskan juga secara rinci bagaimana persyaratan dan ketentuan, serta panduan alur bagaimana mahasiswa dan mahasiswi yang berminat mengikuti MBKM akan dibina oleh prodi dan fakultas. 

Sesuai dengan slogan yang tertera di belakang building sign jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman, yaitu “Globally Minded, Locally Engaged”, Ibu Ayusia berkata bahwa dengan mengikuti program MBKM ini, baik prodi maupun mahasiswa, dapat mengimplementasikan slogan tersebut dengan menunjukkan pendekatan yang holistik bagaimana kita dapat memiliki wawasan yang global dan berpikiran terbuka, tetapi juga menguasainya serta dapat berperan aktif di masyarakat lokal sebagai bentuk pemanfaatannya. 

Pembicara menjelaskan mengenai program MBKM yang dikelola oleh prodi dan bersama moderator Shabrina Khalisah Ibrahim memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya dan menyuarakan opini mereka terhadap program MBKM ini. Suksesnya Eureka Chit Chat ini ditandai dengan antusiasme dari para mahasiswa terutama angkatan 2022 untuk menempuh semester ke 5 nanti, sebagai tetesan embun dalam membangun masa depan mereka. 

Salam FISIP! Salam solidaritas!