FISIP Universitas Jendral Soedirman dan FISIP Universitas Bangka Belitung Kolaborasi Siapkan Mahasiswa Tangguh menghadapi Perubahan

Di era abad ke-21, tantangan terbesar adalah bagaimana mendidik mahasiswa agar siap menghadapi berbagai permasalahan komplek. Mereka harus memenuhi ekspektasi industri yang menginginkan lulusan dengan kemampuan tinggi dan fleksibilitas mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, mahasiswa juga perlu siap menghadapi berbagai ketidakpastian yang ada. Oleh karena itu, diperlukan pembekalan kompetensi yang relevan dan kemampuan beradaptasi yang kuat untuk memastikan keberhasilan mereka di masa depan.

Pembelajaran OBE (Outcome-Based Education), merupakan sistem pendidikan yang dirancang untu fokus pada outcome dan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan, artinya kurikulum juga harus dirancang dengan menekankan pada proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa sehingga capaian pembelajaran lulusan (CPL) dapat tercapai Kondisi ini relevan untuk menyiapkan mahasiswa siap menghadapi tantangan industry 4.0. Dr. Tyas Retno Wulan, M.Si   Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan & Alumni FISIP UNSOED yang saat ini juga adalah wakil bidang Pendidikan Asosiasi Program Studi Sosiologi (APPSI) berkesempatan  sharing pada acara workshop yang dilakukan Fisip Universitas Bangka Belitung untuk menyiapkan implementasi kurikulum OBE.

Kegiatan workshop  tersebut sekaligus menjadi implementasi kerja sama (Implementation Arrangement/IA) dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi  yang sudah ditandatangani Fisip Unsoed dan Fisip Universitas Bangka Belitung pada bulan November 2023  . Penandatanganan IA  dilaksanakan di Bangka  tanggal 13 Juni 2024  dihadiri oleh PLH Dekan  Fisip UBB Dr. Iskandar Zukarnain, Kaprodi Sosiologi  Putra Pratama Saputra, MPS.Sp., ketua Penjaminan mutu, seluruh dosen program studi Sosiologi Fisip UBB, perwakilan mahasiswa dan tenaga kependidikan Fisip UBB.

Pada era saat ini kolaborasi adalah kunci, diharapkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan perguruan tinggi lain tersebut dapat semakin memperkuat rekognisi Fisip Unsoed pada level nasional dan internasional.

Salam FISIP! Salam solidaritas!