Purwokerto, 25 Maret 2025 – Dalam rangka mendukung pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan alumni, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan – Alumni Talk 1 Tahun 2025.
Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Brand yang Kuat: Langkah Awal dari Konsep hingga Pasar” dan diadakan di Aula FISIP Unsoed dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Ibu Dr. Tyas Retnowulan, S.Sos., M.Si. dan Acara ini dihadiri oleh 111 peserta yang terdiri dari mahasiswa, alumni, serta para peminat kewirausahaan.
Kegiatan ini menghadirkan pembicara-pembicara inspiratif yang merupakan alumni FISIP Unsoed yang telah sukses membangun brand di bidangnya masing-masing. Salah satu pembicara utama, Laksmi Chyntia Dewi, S.I.Kom, M.I.Kom., Founder dari brand fashion lokal “Owner Classyco.cake – Home baked”, membagikan pengalamannya dalam membangun brand dari nol hingga sukses memasuki pasar nasional. “Membangun brand yang kuat tidak hanya tentang produk, tetapi juga tentang cerita dan nilai yang ingin kita sampaikan kepada konsumen. Konsistensi dan keunikan adalah kunci utama. Menggali ide kreatif bisnis rumahan: temuka passion dan keahlian, mulai dari yang sederhana, eksperimen dan evaluasi, cari pembeda, perluas pengetahuan.
Selain Laksmi, hadir pula Anastasia Shanty Soedaryo, S.Sos., CGMT, CATR, NATMED, CEO dari Tarot ByMomo & Ruang Dekap – Coffeeshop, Ruang Kreatif, Galeri Seni, yang berbagi tips tentang From Idea To Iconic: Strategi Membangun Brand yang Kuat dan Selalu Diminati Pasar. Menjadi brand ikonik: konsisten dengan nilai dan misi brand, berani berkembang dan terus belajar, membangung loyal costumer dan komunitas, tetap relevan tanpa kehilangan identitas brand. semua brand besar dimulai dari ide sederhana, keberhasilan butuh strategi, konsistensi dan diferensiasi, mulailah dari sesuatu yang and cintai dan yakini, jangan takut untuk berkembang dan terus belajar.
Acara ini tidak hanya berisi pemaparan materi, tetapi juga sesi diskusi interaktif dan workshop praktis yang dipandu oleh dosen muda Ibu Puri Septiana Nursetiyawati, S.Sos., M.Si sebagai moderator. Peserta diajak untuk merancang konsep brand mereka sendiri, mulai dari menentukan target pasar, menciptakan value proposition, hingga strategi pemasaran. Ketua Divisi Enterpreneur Development, Career Development Center, FISIP Unsoed, Drs. Rin Rostikawati, M.Si yang turut hadir dan menandatangani Kerjasama Bersama alumni.

Para peserta terlihat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Salah satu peserta, dari prodi Sosiologi angkatan 2025, mengungkapkan bahwa pelatihan ini memberikannya wawasan baru tentang pentingnya membangun brand yang kuat. “Saya jadi lebih paham bahwa membangun brand tidak hanya sekadar membuat logo atau nama, tetapi juga tentang menciptakan identitas yang bisa diterima dan diingat oleh pasar,”
Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan – Alumni Talk 1 Tahun 2025 ini ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan sertifikat kepada para pembicara. Diharapkan, acara ini dapat menjadi langkah awal bagi para peserta untuk mengembangkan ide-ide kewirausahaan mereka dan menciptakan brand yang kuat di masa depan dan mendukung terwujudnya SDG 8 sehingga memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi.
Penulis & Editor : Titi Rahmawati
#Unsoed1963
#Merdekamajumendunia
#FisipUnsoed
#SDG