Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Bekali TIK Jadikan Cilongok 'Pilot Project' Desa Peduli Buruh Migran

Dr. Tyas Retno Wulan, M.Si dan Sri Wijayanti, SIP., M.Si dua dosen FISIP UNSOED kembali membagikan ilmu pengetahuannya dalam rangka pemberdayaan Buruh Migran. Sebagai Ketua dan Sekretaris Pusat Penelitian Gender, Anak dan Pelayanan Masyarakat (PPGAPM) LPPM Unsoed bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan Cilongok dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Banyumas untuk membantu mengaktifkan dan mengelola website desa di kecamatan Cilongok. Hal ini merupakan rangkaian pilot project penelitian ‘Desa Peduli Buruh Migran Berbasis Teknologi Informasi  Sebagai Strategi Mencegah Trafiking Dan Menangani Kasus Buruh Migran Di Kabupaten Banyumas’.

Bertempat di Pendapa Kecamatan Cilongok, 20 perangkat desa dan  20 Karang Taruna dari seluruh Kecamatan  Cilongok dilatih untuk mengisi dan mengelola website desa. Dalam pelatihan tersebut, mereka mendapatkan materi tentang Desa Berbasis  Teknologi  Informasi sebagai Basis Migrasi Aman dan Mencegah  Trafiking di Pedesaan oleh Dr. Tyas Retno Wulan, MSi, Penganggaran Dan Pengelolaan Keuangan  untuk Menuju Desa Peduli Buruh Migran Berbasis Teknologi Informasi oleh Dr. Wita Ramadhanti, SE., MSA., Ak, Mengemas desa dalam era globalisasi oleh Sri Wijayanti, SIP., M.Si dan Pemanfaatan Website Untuk Penanganan Kasus Buruh Migran di Kabupaten Banyumas oleh Narsidah (Paguyuban SERUNI Kab. Banyumas).

Dalam pelatihan tersebut, seluruh perangkat desa menambah  tampilan website yaitu menu buruh migrant. Berisi tentang  Perda No 2 tahun 2015 tentang Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Kabupaten Banyumas. Perda ini secara jelas dan eksplisit menyampaikan kewajiban pemerintah desa untuk memberikan perlindungan bagi warganya yang akan ke luar negeri. Terunggahnya Perda ini merupakan salah satu keberhasilan yang dicapai oleh PPGAPM dan pemerintah desa seluruh kecamatan Cilongok untuk mewujudkan desa peduli buruh migrant dengan menyampaikan informasi kepada public. Dalam kegiatan  Desa Peduli Buruh Migran Berbasis Teknologi informasi ini, PPGAPM juga bekerjasama dengan tim KKL STMIK Amikom Purwokerto yang akan melanjutkan melanjutkan tim KKN Posdaya Unsoed. Kolaborasi antara berbagai lembaga ini diharapkan mampu mengawal keberadaan Desa Peduli Buruh Migran.

FISIP UNSOED, Maju Terus Pantang Menyerah !

You are here