Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Kurikulum Baru Arahkan Lulusan Sosiologi FISIP UNSOED Jadi Peneliti dan Social Entrepreneur

Jurusan Sosiologi FISIP UNSOED semakin berbenah. Akreditasi A yang disandang tidak mengurangi semangat civitas akademika untuk semakin meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Tahun akademik 2015/2016 dimanfaatkan pihak jurusan untuk memberlakukan kurikulum baru guna mencapai visi jurusan yaitu ‘Unggul dalam Ilmu Pengetahuan Sosiologi yang Berbasis Kearifan Lokal’.

Ketua Jurusan Sosiologi Tri Rini Widiyastuti, M.Si (Senin, 31/8/2015) menegaskan bahwa dinamisasi perubahan sosial kemasyarakatan dan tuntutan pasar tenaga kerja turut mendukung penerapan kurikulum baru ini. Disamping itu, merupakan respon atas perkembangan ilmu pengetahuan khususnya sosiologi yang semakin kompleks.

Berkaitan dengan hal itu lanjut Ibu Rini, Jurusan Sosiologi bermaksud membekali mahasiswa dengan berbagai kompetensi. Muara dari seluruh proses pembelajaran adalah terciptanya profil lulusan sebagai peneliti dan social entrepreneur. Peneliti adalah individu yang mampu mengidentifikasi, mengkaji, dan menemukan solusi masalah sosial. Sedangkan social entrepreneur merupakan individu  yang mampu memberdayakan masyarakat sehingga dapat mandiri, yang mampu menciptakan dan mengaplikasikan gagasannya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Secara teknis Kurikulum 2015 ini akan diberlakukan mulai tahun ajaran 2015/2016 pada mahasiswa baru angkatan 2015. Sedangkan mahasiswa angkatan 2014 dan angkatan sebelumnya tetap menggunakan Kurikulum 2008. Adapun mahasiswa lama, yang belum mengambil atau ingin mengulang mata kuliah harus memperhatikan mata kuliah konversi, dimana terdapat konversi nama baru mata kuliah yang telah mengalami pengayaan materi. Pemahaman kurikulum baru telah disosialisasikan kepada civitas akademika sosiologi, komunikasi antara mahasiswa dan Dosen Pembimbing Akademik diharapkan memperlancar pemberlakuan kurikulum baru ini, tutur Ibu Kajur Sosiologi meyakinkan.

SOSIOLOGI FISIP, Maju Terus Pantang Menyerah !

You are here