Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Strategi Kreatif Rangkaian Iklan Televisi Rokok L.A Light Dalam Tagline “Let’s Do It”.

标题Strategi Kreatif Rangkaian Iklan Televisi Rokok L.A Light Dalam Tagline “Let’s Do It”.
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsKhadafi, Muamar
Call NumberKOM.667
Other NumbersF1C010001
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published03/2015
Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Kreatif Rangkaian Iklan Televisi Rokok
L.A Light Dalam Tagline “Let’s Do It”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi kreatif yang digunakan pihak agency dalam pembuatan iklan
L.A Light versi “Let’s Do It” beserta hambatan proses kreatifnya. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Obyek penelitian
ini adalah strategi kreatif iklan L.A Light versi “Let’s Do It”. Teknik pemilihan
informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive
sampling dengan cara mengambil subyek informan yang dianggap paling tahu dan
dapat dipercaya untuk menjadi sumber data yang valid dan mengetahui masalahnya
secara mendalam berdasarkan pengalaman yang mereka punya. Dengan kata lain
subyek penelitiannya yaitu Copywriter dan Art Director dari Tim Kreatif Dentsu
(Agency) yang menangani campaign iklan “Let’s Do It” ini. Cara pengumpulan
datanya melaui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Validitas data
dengan menggunakan triangulasi sumber data dan metode.
Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kreatif yang
digunakan tim kreatif Dentsu (Agency) yaitu melakukan brainstorming,
menentukan target audience, membuat tujuan iklan beserta pesannya, dan membuat
tagline. Rangkaian iklan L.A Light versi Let’s Do It ini bertujuan untuk merubah
ritme kehidupan anak muda dalam artian perubahan karakter dan sosial yang
positif, dan mencegah rasa malas yang dalam merubah dunia. Meskipun
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah melarang iklan rokok karena
alasan pembodohan publik dengan membuat Permenkes No. 28 Tahun 2013,
pernah membuat tim kreatif pesimis dalam membuat iklan. Akan tetapi, hal ini
dianggap sebagai sebuah tantangan bagi tim kreatif L.A Light untuk berpikir dan
membuat iklan se-kreatif mungkin.

KeywordsPermenkes No. 28 Tahun 2013, Rangkaian Iklan, Strategi Kreatif, Tim Kreatif Dentsu
Citation Key2169
You are here