Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Arung Jeram Bannyuwoong Banjarnegara dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

标题Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Arung Jeram Bannyuwoong Banjarnegara dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSteviani, Anjar
Call NumberKOM.643
Other NumbersF1C010071
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published03/2015
Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Arung Jeram Bannyuwoong Banjarnegara dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana strategi komunikasi pemasaran wisata arung jeram Bannyuwoong Banjarnegara dalam meningkatkan kunjungan wisatawan melalui empat elemen yaitu humas, periklanan, promosi penjulan dan personal selling.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Informan yang dipilih adalah mereka yang mengetahui strategi komunikasi pemasaran wisata arung jeram Bannyuwoong Banjarnegara dalam meningkatkan kunjungan wisatawan yaitu Direktur Bannyuwoong, Manajer Marketing Bannyuwoong dan staf Marketing Bannyuwoong. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran wisata arung jeram Bannyuwoong yaitu dengan cara menjaga hubungan baik dengan publik seperti wisatawan, pemerintah daerah dan komunitas. Banyuwoong juga bekerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan komunikasi pemasaran. Mulai dari bekerjasama dengan media masa untuk peliputan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara dalam penyelenggraan event dan komunikasi pemasaran, kerjasama dengan agen travel, kerjasama dengan hotel dalam melakukan komunikasi pemasaran dan saling menyuplai tamu. Kemudian Bannyuwoong menyelenggarakan event khusus, mengikuti pameran, menjadi sponsorship di beberapa kegiatan, penggunaan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran, dan Bannyuwoong memiliki media identitas. Selain itu, Bannyuwoong juga menggunakan brosur, media luar ruangan, pemberian potongan harga atau voucer, presentasi penjualan, pemasaran jarak jauh/tidak langsung melalui telepon, dan door to door sebagai strategi komunikasi pemasaran wisata arung jeram Bannyuwoong guna meningkatkan kunjungan wisatawan

RINGKASAN
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Arung Jeram Bannyuwoong Banjarnegara dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana strategi komunikasi pemasaran wisata arung jeram Bannyuwoong Banjarnegara dalam meningkatkan kunjungan wisatawan melalui empat elemen yaitu humas, periklanan, promosi penjulan dan personal selling.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Informan yang dipilih adalah mereka yang mengetahui strategi komunikasi pemasaran wisata arung jeram Bannyuwoong Banjarnegara dalam meningkatkan kunjungan wisatawan yaitu Direktur Bannyuwoong, Manajer Marketing Bannyuwoong dan staf Marketing Bannyuwoong. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran wisata arung jeram Bannyuwoong yaitu dengan cara menjaga hubungan baik dengan publik seperti wisatawan, pemerintah daerah dan komunitas. Banyuwoong juga bekerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan komunikasi pemasaran. Mulai dari bekerjasama dengan media masa untuk peliputan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara dalam penyelenggraan event dan komunikasi pemasaran, kerjasama dengan agen travel, kerjasama dengan hotel dalam melakukan komunikasi pemasaran dan saling menyuplai tamu. Kemudian Bannyuwoong menyelenggarakan event khusus, mengikuti pameran, menjadi sponsorship di beberapa kegiatan, penggunaan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran, dan Bannyuwoong memiliki media identitas. Selain itu, Bannyuwoong juga menggunakan brosur, media luar ruangan, pemberian potongan harga atau voucer, presentasi penjualan, pemasaran jarak jauh/tidak langsung melalui telepon, dan door to door sebagai strategi komunikasi pemasaran wisata arung jeram Bannyuwoong guna meningkatkan kunjungan wisatawan.
Kata kunci: strategi komunikasi pemasaran, wisata arung jeram, Bannyuwoong.

ABSTRACT
The title of this research is Marketing Communications Strategy Bannyuwoong Banjarnegara Rafting Trip In Of Increasing Tourists Visit. This research is conducted to determine and explain the marketing communication strategy of rafting trip Bannyuwoong Banjarnegara for increasing visits of tourists through the four elements that called public relations, advertising, sales promotion and personal selling.
The method used in this research is descriptive qualitative method with sampling purposive informant selection techniques. The selected informant is everyone who knows about marketing communication strategy of rafting trip Bannyuwoong Banjarnegara for increasing tourists visit such as director of Bannyuwoong, marketing manager of bannyuwoong, and marketing staff of Bannyuwoong. Data collection have been done by interview, observation, and documentation. Data analysis methods are used by reduction of data, presentation of data, and the withdrawal of the conclusion. The validity used in this research is triangulation source.
The result research is indicated that the strategy of marketing communication Bannyuwoong rafting trip by maintain the good relation with the public, such as tourists, the local goverment and communities. Bannyuwoong also collaborates with various sides to conduct the marketing communication. Started by cooperation with mass media for some pervasions, department of culture and tourism Banjarnegara distrisct for organizing events and marketing communication, cooperation with travel agent, cooperation with hotels for doing marketing communication and guest supply for each other. And than, Bannyuwoong organize special event, join to exhibition, sponsorship being followed in some activities, use of the sosial media as marketing communication media and Bannyuwoong have media identity. In addition, Bannyuwoong use brochure, outdoor media, discounts or voucer, sales presentation, indirect marketing, and door to door, as marketing communication strategy of rafting trip Bannyuwoong to enhance the tourist visit.
Keywords: marketing communication strategy, rafting, Bannyuwoong

KeywordsBannyuwoong., strategi komunikasi pemasaran, wisata arung jeram
Citation Key2079
You are here