Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Semiotika Komunikasi Visual Pada Iklan Pilkada Dki Jakarta 2017 Putaran Kedua Di Akun Instagram @Ahokdjarot Dan @Jakartamajubersama

标题Semiotika Komunikasi Visual Pada Iklan Pilkada Dki Jakarta 2017 Putaran Kedua Di Akun Instagram @Ahokdjarot Dan @Jakartamajubersama
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSilalahi, Satriana Lintang
Call NumberKOM.902
Other NumbersF1C013034
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published03/2018
Abstract

Penelitian ini berjudul “Semiotika Komunikasi Visual Iklan Pilkada Dki Jakarta 2017 Putaran Kedua Pada Akun Instagram @Ahokdjarot dan @Jakartamajubersama”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna denotasi, konotasi, dan mitos pada iklan kampanye kedua pasang kandidat Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua, yaitu pada akun instagram @ahokdjarot dan @jakartamajubersama. Instagram menjadi salah satu platform media sosial populer yang digunakan dalam menyebarkan dan membentuk citra dari kedua pasang kandidat, yang kemudian makna tersebut dikonstruksi masyarakat sebagai informasi dalam menentukan pilihan. Metode penelitian menggunakan semiotika komunikasi visual, dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah deskripsi makna iklan kampanye dalam bentuk teks dan foto yang diunggah akun instagram @ahokdjarot dan @jakartamajubersama kedua calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua. Ahok dan Djarot menyajikan iklan yang menggambarkan pemimpin yang inovatif dan kreatif, saling bersinergi, melayani siapapun, mendukung prestasi, serta transparan. Sedangkan Anies dan Sandi menyajikan iklan yang menggambarkan pemimpin yang mengutamakan kearifan lokal, kepentingan bersama, sederhana, setia, dapat dipercaya, jujur dan adil, intelektualitas tinggi, lembut, dan pembawa damai.

KeywordsIklan Kampanye, Instagram., Semiotika Komunikasi Visual
Citation Key3398
You are here