Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Relasi Aktor Lokal Dalam Politik Anggaran Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Lintas Selatan-Selatan (JLSS) Kabupaten Cilacap Tahun 2013

标题Relasi Aktor Lokal Dalam Politik Anggaran Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Lintas Selatan-Selatan (JLSS) Kabupaten Cilacap Tahun 2013
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsWijanarko, Pendy
Call NumberPOL.352
Other NumbersF1D009008
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto, Jawa Tengah Indonesia
Year of Publication2015
Date Published03/2015
Abstract

Penelitian ini mengambil judul Relasi Aktor Lokal dalam Politik Anggaran Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Jalan Lintas Selatan Selatan (JLSS) Kabupaten Cilacap Tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Memahami dan menjelaskan relasi aktor lokal dalam politik anggaran pengadaan tanah untuk pembangunan jalan lintas selatan-selatan di Kabupaten Cilacap tahun 2013; 2) Memahami dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam penyusunan dan penetapan anggaran pengadaan tanah untuk pembangunan jalan lintas selatan selatan di Kabupaten Cilacap tahun 2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Penelitian dilakukan di Kabupaten Cilacap dengan sasaran penelitian yaitu Lembaga Instansi atau Dinas terkait. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu Satuan Kerja Perangkat Daerah (Bagian Pertanahan Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap), Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap, Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Cilacap, dan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Cilacap. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (in-depth interview), observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Relasi aktor lokal dalam politik anggaran pengadaan tanah untuk pembangunan JLSS Kabupaten Cilacap melibatkan para aktor dari elit politik lokal dari Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah; 2) Para aktor mempunyai relasi secara struktural dan politik dalam kebijakan anggaran daerah sehingga membentuk sebuah relasi aktor lokal dalam politik anggaran pengadaan tanah untuk pembangunan JLSS Kabupaten Cilacap; 3) Politik anggaran pengadaan tanah untuk pembangunan JLSS Kabupaten Cilacap dipengaruhi oleh faktor penghambat yaitu perubahan kebijakan dan anggaran yang tersedia. Sedangkan faktor pendukung yaitu adanya kebijakan pemerintah provinsi yang mengarah pada pembangunan infrastruktur dan sinergisasi anggaran melalui kebijakan sharing anggaran.

Keywordsaktor lokal, pengadaan tanah, Politik Anggaran, Relasi
Type of WorkUndergraduate Thesis
Citation Key2108
You are here