Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

PRODI SASTRA INDONESIA ADAKAN KULIAH UMUM METODE PENELITIAN LINGUISTIK

Baru-baru ini, Program Studi Sastra Indonesia Jurusan Ilmu Budaya FISIP Unsoed mengadakan Kuliah Umum Metode Penelitian Linguistik dimana mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah wajib. Kegiatan yang berlangsung hari Kamis, 10 Oktober 2013 yang bertempat di Aula Jurusan Budaya ini diikuti dengan antusias oleh para mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia. Para mahasiswa menerima materi dari pakar linguistik yang juga sekaligus Kepala Balai Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Dr. Syarifuddin, M.Hum.

Beliau menyampaikan, tujuan Kuliah Umum (studium generale) dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dalam mata kuliah Metode Penelitian Linguistik yang tercantum dalam kurikulum program studi. Oleh karena itu, pada pelaksanaan kuliah umum, topik yang dibahas diupayakan yang memiliki potensi menambah wawasan (perluasan) dan kompetensi (penajaman) peserta pada mata kuliah tersebut. Selain itu, pelaksanaan kuliah umum dipandang sebagai suatu kesempatan bagi mahasiswa yang mengikutinya untuk memenuhi persyaratan akademis yang wajib dipenuhi mahasiswa sebelum mereka diizinkan untuk menyusun Tugas Akhir. Demikian pula Kuliah Umum merupakan suatu indikator yang harus dipenuhi dalam evaluasi Borang Akreditasi.

"Metode Penelitian Linguistik adalah cara kerja yang bersistem dalam memecahkan dan menganalisis masalah-masalah Kebahasaan baik dalam kajian mikrolinguistik maupun makrolinguistik yang didalamnya dibahas tentang metode pengumpulan data dan analisis data secara khusus dan tahapan-tahapan penelitian bahasa secara umum. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengimplementasikan faktor-faktor pendukung penelitian bahasa" tambahnya.

Penilaian terhadap kompetensi yang dicapai mahasiswa dilakukan dengan indikator hasil pembelajaran berupa tugas yang dilakukan secara mandiri dan kelompok dalam mengimplementasikan materi pembelajaran, baik di kelas maupun di lapangan (masyarakat pengguna bahasa).

Kuliah umum yang berlangsung selama satu hari ini dikemas dengan menarik melalui interaksi dan saling berbagi cerita. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat dengan lebih mudah menerima materi yang disampaikan dan juga tidak sungkan untuk menyampaikan persoalan yang mereka hadapi. Interaksi yang dekat dan menarik antara pemateri dan mahasiswa diharapkan mampu memunculkan solusi yang bermanfaat.  

Maju terus pantang menyerah !     
 

You are here