Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pergeseran Makna Kesenian Tari Daeng Kanding Sebagai Media Komunikasi Tradisional Di Desa Kanding Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas.

标题Pergeseran Makna Kesenian Tari Daeng Kanding Sebagai Media Komunikasi Tradisional Di Desa Kanding Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas.
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsAbadi, Fandi Nurdien
Call NumberKOM.726
Other NumbersF1C008043
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published09/2015
Abstract

Penelitian ini berjudul “Pergeseran Makna Kesenian Tari Daeng Kanding Sebagai Media Komunikasi Tradisional Di Desa Kanding Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pergeseran makna yang terjadi pada kesenian tari Daeng Kanding, sedangkan tujuannya untuk menganalisis seperti apa pergeseran makna yang terjadi dalam kesenian tari Daeng Kanding serta untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan para pelaku kesenian tari Daeng Kanding dalam mempertahankan kelestarian kesenian tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan interaksionisme simbolik. Dalam menetapkan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti membagi informan menjadi empat bagian berdasarkan kedudukan: ketua sekaligus pelaku kesenian tari Daeng Kanding, pelaku kesenian tari Daeng Kanding, masyarakat Desa Kanding dan tokoh masyarakat Desa Kanding. Analisis interaktif digunakan peneliti untuk menganalisis data, sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pergeseran makna yang terjadi di dalam pementasan kesenian tari Daeng Kanding. Saat ini kesenian tari Daeng Kanding lebih dimaknai sebagai kesenian tradisional yang mengedepankan sisi hiburan dan mulai meninggalkan nafas religinya.
Tidak ada upaya berarti yang dilakukan para pelaku kesenian tari Daeng Kanding saat ini untuk melestarikan kesenian tari Daeng Kanding. Sistem regenerasi kurang maksimal dari sisi perekrutan dan kontinyuitasnya. Modifikasi yang dilakukan selama ini justru menyebabkan kesenian tari Daeng Kanding makin bergeser dari esensi awalnya.

KeywordsDaeng Kanding, Komunikasi Tradisional, pergeseran makna
Citation Key2432
You are here