Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Perempuan dalam Media (Studi Resepsi Mahasiswa Kota Purwokerto Tentang Tayangan Mata Lelaki di Trans7)

标题Perempuan dalam Media (Studi Resepsi Mahasiswa Kota Purwokerto Tentang Tayangan Mata Lelaki di Trans7)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsNoerhuda, Ditia Adi
Call NumberKOM.677
Other NumbersF1C008064
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published06/2015
Abstract

Media massa menanamkan nilai-nilai dalam tiap produknya, termasuk pada media televisi. Khalayak pun pada dasarnya punya kuasa untuk menolak, menerima, atau menerima sebagian dan menolak sebagian lainnya. Penelitian ini
meneliti hal tersebut menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menerapkan
studi resepsi, khususnya metode diakronis. Metode pengumpulan data dilakukan
denganFocus Group Disucussion (FGD) dan wawancara mendalam. Informan
ditetapkan dengan menggunakan teknik teknik purposive sampling dan dibagi
menjadi tiga kelompok berdasarkan diferensiasi latar belakangnya.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah secara umum keseluruhan
informan tidak menerima begitu saja pemaknaan yang ditawarkan oleh tayangan.
Mereka secara kritis memaknai tayangan berdasarkan sudut pandang mereka
masing-masing. Ditemukan beberapa pemaknaan yang dominan dari keseluruhan
informan, yaitu terkait perempuan sebagai komoditas di media massa, sudut
pandang media yang hanya melihat perempuan dari segi fisik, semakin lunturnya
perempuan yang masih memegang erat budaya timur, dan yang terakhir adalah
terjadinya bias gender di media massa. Ditemukan tiga faktor yang signifikan
terhadap keberagaman pemaknaan informan, yaitu ketaatan terhadap norma-norma
agama, latar belakang keharmonisan keluarga, dan latar belakang pendidikan.
Sedangkan faktor yang tidak signifikan, yaitu faktor usia dan jenis kelamin.
Terdapat persamaan penerimaan makna tentang penggambaran sosok perempuan
dalam tayangan pada masing-masing kelompok informan. Persamaan penerimaan
pesan tiap informan sebagian besar dipengaruhi oleh pengalaman, sikap, dan
keyakinannya masing-masing. Dari hasil analisis spectrum of reading David
Morley, kelompok negotiated reading terdiri dari sembilan informan yang tersebar
dari ketiga kelompok. Sedangkan kelompok oppositional reading terdiri dari empat
informan yang juga tersebar dari ketiga kelompok. Sementara tidak ditemukan satu
pun informan yang masuk kelompok dominant reading.

Keywordsgender, kritik sosial, Mata Lelaki Trans7, Media Massa, Perempuan, studi resepsi
Citation Key2273
You are here