Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Opini Publik di Media Citizen Journalism (Studi Analisis Wacana Kompasiana dalam Menyatakan Opini Mengenai Kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta)

标题Opini Publik di Media Citizen Journalism (Studi Analisis Wacana Kompasiana dalam Menyatakan Opini Mengenai Kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSitompul, David Dominggo
Call NumberKOM.721
Other NumbersF1C010014
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published09/2015
Abstract

Judul “Opini Publik di Media Citizen Journalism (Studi Analisis Wacana Kompasiana dalam Menyatakan Opini Mengenai Kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta)”.
Tujuan Menganalisis wacana oleh netizen di Kompasiana dalam menyampaikan berita mengenai kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, dan untuk mendeskripsikan opini publik mengenai kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta melalui analisis wacana.
Metode Analisis wacana yang dikembangkan oleh Teun A. Van Dijk. Subjek penelitian ini adalah media citizen journalism, yaitu Kompasiana. Seperti yang kita ketahui, penelitian yang baik adalah penelitian yang mencantumkan objek di dalamnya. Objek dari penelitian ini adalah mengenai kepemimpinan Basuki sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta yang dimuat dalam laman jurnalisme warga www.kompasiana.com sejak 15 Oktober 2012-19 November 2014.
Hasil Kepemimpinan Basuki sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta ketika menangani masalah di Tanah Abang dilakukan dengan berani dan tegas. Basuki dengan tegas menegakkan setiap aturan yang telah ditetapkan, meskipun banyak orang yang memiliki kuasa dan ada pejabat yang memiliki pengaruh besar di Tanah Abang. Selain itu Basuki selalu menggunakan Peraturan Daerah sebagai pedoman dalam bertindak. Meskipun hanya sebagai wakil gubernur, dia memiliki pengaruh dan peranan yang besar dalam menangani PKL di Tanah Abang.

KeywordsBasuki Tjahaja Purnama, Citizen Journalism, Opini Publik, Tanah Abang
Citation Key2427
You are here