Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Konstruksi Identitas Erix Soekamti pada Vlog DOES (Analisis Semiotika Konstruksi Identitas Erix Soekamti pada Vlog “Diary of Erix Soekamti”)

标题Konstruksi Identitas Erix Soekamti pada Vlog DOES (Analisis Semiotika Konstruksi Identitas Erix Soekamti pada Vlog “Diary of Erix Soekamti”)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsWijaya, Luhur Indra
Call NumberKOM.834
Other NumbersF1C012049
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published05/2017
Abstract

Video blog atau vlog merupakan sebuah video yang berisi berbagai macam konten yang dapat diisi mengenai opini, cerita keseharian, atau pengalaman pribadi yang diunggah pada sebuah situs atau media sosial. Vlog DOES (Diary of Erix Soekamti), merupakan vlog yang dibuat oleh seorang Erix Soekamti yang bertujuan untuk menjadi medium dalam menyampaikan ide dan gagasannya sebagai seorang musisi dan kepala keluarga. Vlog DOES menjadi menarik karena Erix memiliki konsep yang dikemas secara unik dan konten yang mudah diterima
oleh viewersnya.
Objek penelitian ini mengambil Trilogi vlog DOES dengan judul Ing Madyo Mangun Karso Episode 104, Ing Ngarso Sung Tulodho Episode 105,dan Tut Wuri Handayani Episode 106. Trilogi vlog DOES tersebut menceritakan tentang opini, kegiatan, dan kehidupan Erix Soekamti tentang trilogi prinsip pendidikan Ki Hajar Dewantara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui identitas, tanda yang ditunjukan, dan strategi presentasi diri Erix Soekamti pada Vlog DOES (Diary of Erix Soekamti). Selain itu, juga untuk mengetahui kode-kode pada level realitas, level representasi, dan level ideologi pada vlog DOES. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis semiotika John Fiske yakni television code, dengan mencari makna tanda dalam kode level realitas, level representasi, dan level ideologi. Pada analisis semiotika, kode yang muncul dalam televisi atau film memiliki kesatuan makna yang saling berhubungan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konstruksi identitas yang dilakukan Erix Soekamti melalui DOES merupakan sebuah identitas pribadi yang menunjukan kemampuan dan bakat Erix Soekamti pada bidang audio visual.
Sedangkan strategi presentasi diri Erix Soekamti pada masing-masing episode Trilogi vlog DOES terdiri dari competence, exemplification, dan ingratiation

KeywordsKonstruksi Identitas, Semiotika., Vlog DOES
Citation Key3083
You are here