Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo Nomor 14 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum (Studi Kasus Di Ruang Parkir Wilayah Kota Wonosobo)

标题Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo Nomor 14 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum (Studi Kasus Di Ruang Parkir Wilayah Kota Wonosobo)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsCholiviawati, Adila
Call NumberANE.697
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date Published08/2013
Abstract

Kekurangan lahan parkir di daerah membawa dampak digunakannya tepi jalan umum sebagai tempat parkir. Penggunaan tepi jalan umum sebagai tempat parkir sangat berpotensi mengganggu ketertiban dan kenyamanan dalam berlalu lintas, jika tidak diatur pemanfaatannya. Di Kabupaten Wonosobo hal ini diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo Nomor 14 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum. Namun, dalam pelaksanaannya terjadi penyimpangan. Yaitu, pemungutan tarif retribusi parkir yang tidak sesuai dengan isi Perda, juga kegiatan perparkiran justru menimbulkan kemacetan lalu lintas, terutama di wilayah Kota Wonosobo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan parkir tepi jalan umum di Kabupaten Wonosobo, menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori manajemen yang dikemukakan G. R. Terry. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam secara semi terstruktur. Dan, teknik analisis data yang digunakan adalah analisa data kualitatif dengan model analisis interaktif.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah, Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo Nomor 14 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dalam implementasinya masih belum optimal, dilihat dari ruang parkir yang melebihi batas parkir dan pemungutan tarif
parkir yang tidak sesuai Perda. Selain itu, manajemen pengelolaan kegiatan parker tepi jalan umum di Kabupaten Wonosobo juga masih belum optimal. Dikarenakan pada perencanaan. pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian masih kurang tepat.

Keywordsimplementasi, kebijakan, manajemen, parkir
Citation Key1248
You are here