Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Eksistensi Pasar Tradisional di Tengah Pasar Modern”( Studi Pedagang Pasar Tradisional Terhadap Keberadaan Minimarket di Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap)

标题Eksistensi Pasar Tradisional di Tengah Pasar Modern”( Studi Pedagang Pasar Tradisional Terhadap Keberadaan Minimarket di Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsAlfaozi, Abdurochman
Call NumberSOS.727
Other NumbersF1A009041
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published09/2015
Abstract

Penelitian “Eksistensi Pasar Tradisional Ditengah Pasar Modern (Strategi Pedagang Pasar Tradisional Terhadap Keberadaan Minimarket Di Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap)” bertujuan untuk mengetahui persepsi dari pedagang pasar tradisional dan strategi yang dipakai pedagang pasar tradisional dalam menghadapi persaingan dengan pasar modern di Kecamatan Karangucung.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan sasaran utamanya adalah pedagang pasar tradisional Karangpucung, dan sasaran pendukungnya adalah tokoh masyarakat dan warga sekitar pasar Karangpucung. Teknik pemilihan informanyang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis data interaktif, yang meliputi: proses pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi pedagang pasar tradisional Karangpucung terhadap keberadaan minimarket atau pasar modern di Karangpucung memiliki kesamaan persepsi, yaitu menolak, karena keberadaan minimarket menimbulkan berbagai masalah bagi eksistensi pedagang pasar tradisional Karangpucung. Dampak dari keberadaan minimarket tersebut memunculkan berbagai strategi yang dipakai oleh para pedagang pasar tradisional Karangpucung, hal itu bertujuan untuk menjaga eksistensi pedagang pasar tradisional Karangpucung.
Sebagai implikasi dari penelitian ini adalah para pedagang pasar tradisional Karangpucung seharusnya bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen, dengan diimbangi ketersediaan fasilitas penunjang kebutuhan konsumen yang bisa meningkatkan omset penjualan, pembenahan di sektor infrastruktur pasar yang harus segera di perbaiki oleh pemerintah setempat, khususnya pemerintah Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. Menindak tegas oknum-oknum yang bertanggung jawab terhadap pelanggaran terhadap Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap No.23 Tahun 2012, terutama tentang pembangunan minimarket di Karangpucung

Keywords-
Citation Key2367
You are here