Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Bentuk Komunikasi Kelompok Dalam Pemberdayaan Pemuda (Studi Pada Gabungan Anak Kreatif Pantai Selatan Di Desa Pagubugan Kulon Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap)

标题Bentuk Komunikasi Kelompok Dalam Pemberdayaan Pemuda (Studi Pada Gabungan Anak Kreatif Pantai Selatan Di Desa Pagubugan Kulon Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsHisan, Abqoriyyin
Call NumberKOM.784
Other NumbersF1C011025
Publisheruniversitas jenderal soedirman
Place Publishedpurwokerto
Year of Publication2016
Date Published20/09/2016
Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi kelompok dilakukan oleh Gakpasel dalam upaya pemberdayaan pemuda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara mendalam, observasi dan dari dokumen terkait. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis Mile dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk komunikasi kelompok dalam upaya pemberdayaan pemuda Gabungan Anak Kreatif Pantai Selatan adalah bentuk komunikasi kelompok deskriptif. Penerapan bentuk deskriptif pada Gakpasel, meliputi: (1) Mengadakan program pelatihan, tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang pemberdayaan kepada pemuda. Ada dua tahapan dalam program pelatihan, yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. (2) Mengadakan pertemuan, kelompok Gakpasel selalu mengadakan pertemuan-pertemuan sebagai sarana komunikasi dan menjalin kekompakan.
Pertemuan itu meliputi mingguan, bulanan, dan tahunan. (3) Mengadakan arisan,
tujuan dari kegiatan ini adalah supaya pemuda memiliki tabungan pribadi. Selain
itu, diadakan pula kegiatan-kegiatan yang dapat membangun motivasi serta
semangat pemuda untuk menjadikan kelompok Gakpasel semakin solid.

KeywordsKomunikasi kelompok, pemberdayaan.i
Citation Key2808
You are here