Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Asertivitas Komunikasi Anak Kepada Orangtua Tiri Dalam Keluarga Remarriage

标题Asertivitas Komunikasi Anak Kepada Orangtua Tiri Dalam Keluarga Remarriage
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsA, Mochamad Hasby
Call NumberKOM.728
Other NumbersF1C009076
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published09/2015
Abstract

Keluarga remarriage merupakan fenomena yang sudah tidak asing lagi khususnya di Indonesia. Keluarga remarriage terbentuk dari pasangan suami istri, dimana perkawinan tersebut merupakan perkawinan yang dilakukan setelah perkawinan sebelumnya berkakhir atau mengalami kegagalan baik bagi salah satu pihak atau keduanya.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat asertivitas komunikasi yang terjadi dalam keluarga remarriage yakni antara anak kepada orangtua tirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskrptif kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah orangtua tiri dan anak dalam keluarga remarriage. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih informan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa asertivitas komunikasi anak kepada orangtuanya dapat dilihat dari bentuk dan faktor yang mempengaruhi asertivitasnya. Dilihat dari hasil penelitian bentuk asertivitas yang dilakukan anak adalah inisiasi dan diskusi. Terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya, yakni jenis kelamin, usia, dan pola asuh orangtua. Selain itu terdapat unsur – unsur yang dibutuhkan untuk dapat menjadi asertif yakni kejujuran, percaya diri, dan tanggungjawab.

KeywordsAnak Tiri., Asertivitas, Keluarga Tiri, Orangtua Tiri, Perkawinan Ulang
Citation Key2434
You are here