Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

“Strategi Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Mengelola Media Relations”

标题“Strategi Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Mengelola Media Relations”
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsKhotimah, Husnul
Call NumberKOM.636
Other NumbersF1C010017
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published03/2015
Abstract

Penelitian yang berjudul “Strategi Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Mengelola Media Relations” ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penyusunan serta implementasi strategi Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengelola media relations. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan berjumlah enam orang yang terdiri dari tiga narasumber utama yaitu Humas Pemprov DKI Jakarta dan tiga narasumber pendukung yaitu wartawan yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling (sampling bertujuan) dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data digunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan data yang diperoleh selama penelitian berlangsung, didapatkan beberapa hasil penelitian. Pertama, humas Pemprov DKI telah menyusun dan mengimplementasikan strategi pengelolaan media relations dengan baik. Hal ini terlihat dari persepsi wartawan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, yang menganggap humas telah memberi pelayanan lebih baik dibandingkan instansi pemerintah lain. Kedua, penyusunan strategi media relations, dimulai dari rapat perencanaan kegiatan rutin setiap satu tahun sekali dan rapat pimpinan analisa monitoring berita setiap hari Jumat. Ketiga, strategi yang dirancang humas dalam mengelola media relations terbagi menjadi dua strategi, yaitu mengelola relasi dan mempertahankan networking (jaringan). Keempat, Implementasi dari strategi mengelola relasi adalah pertemuan kemitraan, press gathering, mengoptimalkan media internal, dan memfasilitasi media. Sedangkan implementasi dari strategi memperkuat networking adalah bekerjasama dengan media dalam membuat event dan monitoring berita.

ABSTRACT
This study entitled “Public Relations strategies Jakarta Provincial Government in managing media relations”. Aims to determine how the preparation and implementation of Public Relations strategies Jakarta Provincial Government in managing media relations. This study used a descriptive method with qualitative approach for selecting the six informants with interview techniques, observation, and documentation. In analyzing the data, researcher used a model approach to the analysis Miles and Huberman Interactive Data. The validity of the data used is the model of source triangulation, by comparing and rechecking the degree of information trust which is obtained with different time and tools in qualitative methods.
Based on the data was obtained during the study, obtained some research results. First, Jakarta Provincial government public relations has been designing and implementing management strategies of media relations well. It is seen from the point of journalists in Jakarta Provincial Government, which considers the city government public relations is better if compared to other government agencies. Second, preparation of media relations strategy, starting of the routine planning meetings annually and analysis monitoring news of leadership meeting every Friday. Third, public relations strategy which designed to manage media relations strategy is divided into two, namely managing and maintaining relationships networking. Fourth, implementation of strategies to manage the relations such as partnership meetings, press gathering, optimizing internal media, and facilitating media. While the implementation of the strategy of strengthening the networking is working with the media in creating events and news monitoring.
Keywords: strategy, government public relations, media relations, Jakarta

KeywordsDKI Jakarta, humas pemerintah, media relations, strategi
Citation Key2080
You are here