UKM Rhizome Gembleng Anggota Baru melalui Sekolah Ekonomi Politik di Desa Cipete Banyumas

UKM Riset dan Kajian Ilmiah Rhizome Fisip Unsoed mengadakan Akademi Rhizome di Desa Cipete, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas,18-20 November 2016. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan UKM Rhizome sebagai gerbang pengantar anggota baru Rhizome untuk mengenal arah gerak Rhizome. Arah gerak Rhizome ini diperkenalkan dalam bentuk sekolah ekonomi politik.

Dalam sekolah ekonomi politik ini, peserta diajak belajar bersama dengan metode diskusi mengenai ekonomi politik. Materi sekolah ekonomi politik diisi oleh Bapak Hariyadi, Ph. D (Pembina UKM Rhizome), Luthfi Makhasin, PH. D (Akademisi FISIP UNSOED), Aulia El Hakim (Staff Bhinneka Ceria Institute), Adinda Fiqih damayanti (DPO Rhizome), Andaru Pradityo (Staff Divisi Pengabdian Bhinneka Ceria), Musonif Fadli (Kabid Pembinaan Anggota HMI Cabang Purwokerto), dan Novita Sari (Koordinator Lingkar Kajian Banyumas).

Sekolah ini memperluas pandangan peserta bahwa ternyata realitas yang ada tidak sesederhana yang biasanya kita temui, terdapat hubungan kekuasaan yang berada dibalik kenyataan. Peserta belajar teori-teori ekonomi politik dan mempraktikannya langsung dengan melakukan analisis sosial. Sasaran analisis sosial dari sekolah ekonomi politik ini berfokus pada penderes dan pengepul gula kelapa yang berada di Desa Cipete dan Desa Sudimara, Cilongok.

Akademi Rhizome atau bisa juga disebut Sekolah Pengantar Ekonomi Politik tahun ini bertempat di Desa Cipete, Kecamatan Cilongok. Kecamatan Cilongok merupakan kecamatan penghasil gula kelapa terbesar di Kabupaten Banyumas dan menjadi produk andalan Banyumas serta menjadikannya sentra gula kelapa terbesar di Indonesia bahkan dunia. Sebagai produk andalan Banyumas dan telah melalang buana ke berbagai negara, ternyata tidak sebanding hasil yang diterima oleh penderes.

Penderes nira kelapa merupakan pekerjaan dengan resiko tinggi, tetapi penderes tidak bisa menikmati manisnya keuntungan gula kelapa. Sekolah Pengantar Ekonomi Politik ini diikuti oleh 16 anggota baru Rhizome dan 3 peserta dari umum. Dengan melakukan analisis sosial tersebut, diharapkan para peserta khususnya anggota baru Rhizome agar dapat memahami realitas di masyarakat dan dapat mewujudkan visi UKM Rhizome yakni keadilan sosial. (LAS)

#SalamAkar, MelawanDenganData

Rhizome FISIP, Maju Terus Pantang Menyerah !
 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Windows Lizenz Windows 10 Lizenz Office 2019 Lizenz Kaufen Office 365 kaufen Windows 10 Home kaufen Office 2016 kaufen windows 10 satın al windows 10 pro satın al