Menjajaki Kerja Sama Akademisi dan Kepolisian

 Pada hari Selasa siang, 31 Juli 2018, dua staf pengajar Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman, Dr. Agus Haryanto dan Arief Bakhtiar Darmawan, M.A., melakukan kunjungan ke Polres Banyumas. Di Polres Banyumas, keduanya ditemui oleh Kepala Bagian Sumber Daya Polres Banyumas Pak Mugiman. Kunjungan ini merupakan bagian dari penjajakan kerja sama penelitian yang tengah dilakukan mengenai kepolisian dan ASEAN.

Dalam pertemuan tersebut, dua staf pengajar Jurusan HI mencoba menjajaki kerja sama dengan kepolisian terkait program peningkatan kerja sama wawasan ASEAN. Kabag Sumda Pak Mugiman menyatakan bahwa kepolisian selalu terbuka dengan gagasan peningkatan kualitas sumber daya. Kerja sama antara akademisi dan kepolisian merupakan hal yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa kini yang semakin membutuhkan kolaborasi antarlembaga.

Lebih lanjut Pak Mugiman menyatakan bahwa saat ini kepolisian tengah memasuki paradigma baru yang menekankan pada transparansi, antikorupsi, dan kedekatan dengan rakyat. Program yang dijalankan, antara lain, kepolisian melakukan ‘jemput bola’ ke sekolah-sekolah untuk melakukan perekrutan. Dalam perekrutan itu, polisi terbuka dengan penilaian sehingga orang tua juga bisa mengawasi dan menilai proses perekrutan.

Pertemuan akademisi dari Jurusan HI dan Polres Banyumas diharapkan semakin membuka keran kerja sama dan kolaborasi antarinstitusi dan meningkatkan pengembangan kualitas sumber daya untuk Indonesia yang lebih maju

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Windows Lizenz Windows 10 Lizenz Office 2019 Lizenz Kaufen Office 365 kaufen Windows 10 Home kaufen Office 2016 kaufen windows 10 satın al windows 10 pro satın al