Mahasiswa Kolaborasi dengan Dosen, Publikasikan Buku Sosiologi

Mahasiswa dan dosen Jurusan Sosiologi kembali berkolaborasi menerbitkan sebuah buku. Kali ini, Lisnawati (mahasiswa angkatan 2018), kolaborasi dengan Nanang Martono dan FX Wardiyono (staf pengajar Jurusan Sosiologi),  mempublikasikan buku “Kontestasi Habitus dalam Buku Sekolah”.

Buku yang merupakan hasil penelitian tugas akhir Lisnawati ini menjelaskan tentang kontestasi habitus dalam buku sekolah. Kontestasi merupakan pertarungan antarpihak yang berkepentingan, yang didalamnya terdapat ketidaksetaraan modal sehingga memunculkan sebuah praktik kekerasan. Praktik kekerasan yang dimaksud bukanlah kekerasan fisik melainkan kekerasan simbolik. Kekerasan simbolik yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu pemaksaan habitus oleh kelas dominan terhadap kelas terdominasi. Kekerasan simbolik tersebut  berlangsung tanpa dikenali sebagai sebuah praktik kekerasan. 

Untuk mengetahui bagaimana mekanisme kontestasi habitus dalam buku sekolah, di dalam buku ini disajikan tentang konsep kekerasan simbolik berdasarkan kajian Pierre Bourdieu, mekanisme kekerasan simbolik dalam buku sekolah, hasil penelitian kekerasan simbolik dalam kalimat, gambar ilustrasi, dan cover Buku Sekolah Elektronik (BSE) kurikulum 2013 tingkat SD, serta praktik kapitalisasi dalam buku sekolah.

Selamat, Lisnawati! 

Salam FISIP! Salam solidaritas!