Magister Ilmu Administrasi Rumuskan Konsep Berpikir Sistemik dalam Pembelajaran Melalui Seminar Nasional

Kemampuan atau cara berpikir akan memengaruhi kebijakan atau simpulan yang dihasilkan. Itulah benag merah yang dapaat ditarik dari seminar nasional yang diselenggarakan Program Studi Magister Ilmu Administrasi beberapa waktu yang lalu. Seminar yang mengangkat tema Analisis Berpikir Sistem dan Kontribusinya bagi Pengembangan Il u Administrasi Publik ini, menghadirkan pembicara Prof. Dr. Eman Aminullah dari Lembaga Pengkajian Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Dr. Rachma Fitriati, M.Si., M.Si (Han) dari Universitas Indonesia, serta dimoderatori oleh Dr. Alizar Isna.

Dalam laporannya, Ketua Program Studi Magister Ilmu Administrasi Dr. Slamet Rosyadi, M.Si., menyampaikan seminar ini dilaksanakan untuk merumuskan pentingnya berpikir sistemik dalam pengembangan ilmu administrasi public, yang akan dipakai sebagai acuan untuk revisi kurikulum Prodi MIA tahun 2017. Hal tersebut menjadi penting karena sesuai dengan rekomendasi dari asesor bahwa untuk program studi S2, materi pembelajaran harus sudah mengarah pada keluasan berpikir atau berpikir sistemik atau secara integralistik.

Menurut Prof. Dr. Eman Aminullah, berpikir sistemik adalah menjelaskan struktur dan memahami perilaku system  bagaimana unsur-unsur bekerja (operational thinking) bagaimana perilaku sistem  berubah (dynamic thinking)  bagaimana struktur mempengaruhi perilaku system (feedback thinking). Esensi berpikir sistemik adalah memahami faktor fundamental dari suatu permasalahan pada system yang kompleks dengan berorentasi pada memelihara keberlanjutan. dengan kemampuan antisipasi dan adaptif  responsif terhadap lingkungan Antisipatif dan adaptif terhadap perubahan lingkungan. Untuk menggambarkan pola piker sistemik tersebut dituangkan dalam model struktur system dinamis, yang menempatkan unsur atau komponen merupakana bagian dari keseluruhan yang mengandung interaksi baik linier, non linier atau ketidakpastian.

Konsep tersebut dipertegas oleh Dr. Rachma Fitriati, M.Si., yang menyebutkaan bahwa metode berpikir sistemik tersebut merupakan metode peenelitian soft system methodology atau metodologi system lunak yang mencantumkan unsur dengan segala interaksi sosialnya dalam system.

Maju Terus FISIP Unsoed….Pantang Menyerah…..!!!
 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Windows Lizenz Windows 10 Lizenz Office 2019 Lizenz Kaufen Office 365 kaufen Windows 10 Home kaufen Office 2016 kaufen windows 10 satın al windows 10 pro satın al