Komunikasi UNSOED Mengulas Cinta dan Data di Masa Korona

[fisip.unsoed.ac.id, Sel, 26/05/20] Pandemi tak menyurutkan langkah Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed dalam atmosfer akademiknya. Berlangsung secara daring dan juga disiarkan secara langsung melalui kanal youtube, Jumat (22/5) berlangsung webinar seri bincang komunikasi yang digelar pagi dan siang hari.  Dekan FISIP Unsoed, Dr. Jarot Santoso, dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. “ Tema yang menarik dan tentunya diperlukan oleh masyarakat, khususnya di era kita menghadapi koran seperti sekarang ini, “ ungkap dekan.   Hal senada juga diungkapkan oleh  Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP Unsoed, Dr. Luthfi Makhasin yang membuka acara siang harinya.

Tema yang diangkat pada webinar pagi adalah tentang Menjaga Cinta di Badai Korona, Sebuah Pendekatan Komunikasi Keluarga dengan narasumber Dr. Wisnu Widjanarko,  dosen Komunikasi Keluarga dan Psikologi Komunikasi FISIP Unsoed. Dimoderatori oleh Arum Fitria dari BKKBN Perwakilan Jawa Tengah yang juga mahasiswa Program Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed ini,  tidak hanya berisi paparan tentang cinta dan komunikasi keluarga, melainkan juga diskusi tentang parenting, relasi pasangan suami istri termasuk masalah perundungan anak.

Ada pun pada siang hari, mengangkat tema tentang Penggalian Data Secara Virtual dalam Penelitian Sosial dengan narasumber Koordinator Program Studi S1 Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed, Dr. Mite Setiansah yang dimoderatori oleh Dr. Nuryanti, staf pengajar pada Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed. Dalam sesi tersebut, diulas realitas sosial, dampak internet dalam kehidupan sosial, serta bagaimana cara menggali data secara virtual.  Paparan dan diskusi berlangsung dengan menarik yang diikuti oleh para praktisi, akademisi serta pemerhati ilmu sosial.  

Apresiasi diberikan oleh peserta, Nawal Ubaid Salim, S.Pd dari PAUD Terpadu Rumah Lebah Kota Bandung menyampaikan ungkapan positifnya terkait kegiatan kemarin. “ Setelah mengikuti webinar kemarin, kami jadi lebih paham tentang komunikasi keluarga yang baik. Badai corona ini membuat kami -keluarga inti- mau tidak mau 24 jam terus berinteraksi dan tentunya membuat resiko konflik semakin besar, semoga dapat diperbanyak webinar sejenis, karena akan sangat membantu para ortu yg kekurangan pengetahuan akan hal ini, “ ungkapnya.  Selain itu, Wahyu Utami Dewi, S.Sos., M.I.Kom dari Universitas Singaperbangsa Karawang pun menyampaikan hal senada.  “ Acaranya bagus materi yg diberikan menarik, ada pun juga materi aktivitas yang bisa dikerjakan selama masa covid di rumah bersama keluarga seperti memasak bersama, “ tandasnya.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed, Dr. S. Bekti Istiyanto menyampaikan terima kasihnya kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini “ Webinar ini merupakan ikhtiar untuk berbagi serta memastikan tradisi diseminasi pengetahuan tetap berjalan. Tidak hanya itu, tema yang diangkat sepenuhnya adalah menjawab konteks kekinian yang ada, sehingga ilmu komunikasi menegaskan posisinya untuk turut serta memberi solusi dalam permasalahan yang kini dihadapi, baik dari aspek praksis maupun konseptual, “ ungkapnya.

Ditambahkan Bekti, ke depan akan terus menggelar webinar sesuai dengan bidang keimuan yang merupakan konsentrasi dari jurusan yang tahun ini genap berusia 22 tahun. “ Kita akan menggelar kembali tema-tema yang spesifik, seperti jurnalisme dan produksi media, kehumasan pemerintah dan komunitas, manajemen komunikasi strategis dan tentunya tetang pembangunan perdesaan serta kearifan lokal yang menjadi penciri Unsoed, “ pungkasnya.

Fisip Smile and Smart

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *