Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

FISIP UNSOED Gelar Pelatihan Jurnalistik & Fotografi Bagi Mahasiswa

Bertempat di Aula FISIP UNSOED) pada tanggal 9-10 Oktober 201 berlangsung pelatihan Jurnalistik dan Fotografi bagi mahasiswa. Pelatihan ini menghadirkan 4 narasumber yaitu Ali Arifin Mukhlis (Redaktur Suara Merdeka), Khusnul Huda (Wakabiro Sindo Jateng-DIY), Sriyanto Saputro(Pimred Harian Banyumas dan Harian Semarang) dan Sunarto (Wakabiro Wawasan).

Ketua penyelenggara yang juga Pembantu Dekan III FISIP UNSOED, Drs. Andi Antono, M.Si dalam sambutannya berharap, agar  mahasiswa untuk mengikuti dengan seksama sehingga benar-benar mendapat pengetahuan yang bermanfaat bagi profesi setelah lulus dari FISIP UNSOED berkaitan tentang menulis di media massa/jurnalistik  dan fotografi. Pada kesempatan yang sama juga disampaikan bahwa kedepan akan melaksanakan penerbitan media yang direncanakan dalam 1 tahun terbit empat kali dan berisi tentang kegiatan/aktivitas di FISIP UNSOED yang dikemas dalam penerbitan yang baik, enak dibaca dan informatif. Dekan FISIP Drs. Muslihudin, M.Si dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa dunia media sekarang ini menjadi sangat penting dan menurut ahli politik merupakan pilar keempat demokratisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal-bekal tambahan agar memiliki pengetahuan yang bermanfaat setelah lulus sehingga agar dimanfaatkan dengan baik dan diserap ilmunya, “ungkap beliau

Dalam pelatihan hari pertama dipaparkan mengenai penulisan artikel di media massa yang harus memperhatikan tata bahasa yang harus memiliki standar dasar sastrawi, mengetahui tata etika penulisan dan topik harus bersifat aktual. Berkaitan teknik menulis di media massa diawali dengan menentukan gagasan pokok, membuat sub judul(untuk memudahkan pembaca memahami tulisan), merumuskan model tulisan (Model PDK : Pendapat-Dukungan-kesimpulan dan Model PSP : Pendapat-Sanggahan-Pendirian), mulai menulis dengan freewriting dan terakhir berkaitan editing yaitu tata bahasa, pemilihan kata, kesesuaian antara kalimat, logika dan sebagainnya. Pada hari kedua dipaparkan mengenai teknik-teknik dalam fotografi, dan diakhiri dengan prakktek fotografi di laboraturium fotografi.

You are here