Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Selamat Datang Mahasiswa Baru FISIP UNSOED

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman atau akrab disapa dengan FISIP UNSOED, adalah salah satu dari 8 Fakultas yang ada di Universitas Jenderal Soedirman. Pendidikan Ilmu Sosial & Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman, dimulai pada 17 Mei 1984 dengan diterbitkannya SK Dirjen Dikti No. 20/DIKTI/Kep/1984 tentang Pembukaan Program Studi S1 Sosiologi & S1 Ilmu Administrasi Negara yang berkedudukan di bawah administrasi Fakultas Hukum. Menjelang satu dasawarsa kemudian, atau tepatnya melalui SK Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI No. 0377/O/1993 tertanggal 21 Oktober 1993, didirikanlah Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik yang menaungi kedua program studi tersebut.
Sejak tahun 1994 sampai dengan tahun 2009 fakultas ini telah mengalami pergantian kepemimpinan sebanyak 5 kali selama 5 periode, yaitu Sri Maryani, SH (1994 – 1997), Prof. Drs. Sumardi (1998 – 2001), Drs. Suhari M.Yahya (2001 - 2005), Drs. Bambang Kuncoro, M.Si (2005 – 2009) dan sejak tahun 2009 amanah sebagai Dekan dipegang oleh Drs. Muslihuddin, M.Si, yang didampingi oleh Dr. Masrukin, M.Si sebagai Pembantu Dekan 1, Waluyo Handoko, S.IP, M.Sc sebagai Pembantu Dekan II dan Drs. Andi Antono, M.Si sebagai Pembantu Dekan III yang masing-masing menangani bidang akademik, administrasi dan kemahasiswaan.
FISIP UNSOED mengasuh lima jurusan dan satu program studi. Lima Jurusan dan satu program studi tersebut adalah, yakni Jurusan Sosiologi (diketuai oleh Dra. Mintarti, M.Si), Jurusan Ilmu Administrasi Negara (diketuai oleh Dr. Slamet Rosyadi, M.Si), Jurusan Ilmu Komunikasi (diketuai oleh Mite Setiansah, S.IP, M.Si), Jurusan Ilmu Politik (diketuai oleh Ahmad Sabiq, S.IP, MA), Jurusan Ilmu Budaya (diketuai oleh Drs. Syaifur Rochman, M.Ed. Tesol) dan Program Studi Hubungan Internasional (diketuai oleh Tunjung Linggarwati, S,IP, M.A). Jurusan Ilmu Budaya memiliki lima program studi yaitu Program S1 Bahasa dan Sastra Inggris (diketuai oleh Riski Februansyah, SS, M.A), Program S1 Bahasa dan Sastra Indonesia (diketuai oleh Dra. Dyah Wijayawati), Program S1 Bahasa dan Sastra Jepang (diketuai oleh Idah Hamidah, SS, M.Hum) serta dua yang lain adalah program ahli madya, yakni Bahasa Inggris (diketuai oleh Rosyid Dodiyanto, SS, M.Hum) dan Bahasa Mandarin (diketuai oleh Dyah Tjaturini, M.Si). Guna mendukung proses pembelajaran, FISIP UNSOED memiliki infrastruktur perkuliahan yang memadai seperti ruang perkuliahan, perpustakaan dan laboratorium, yakni Laboratorium Komputer, Bahasa, Komunikasi, Manajemen & Kebijakan Publik, Sosiologi, Politik serta Hubungan Internasional.
Dalam pelayanan keadministrasian, UNSOED juga didukung oleh Bagian Tata Usaha yang dikepalai oleh Ani Noeraeni SS, SH, MM dengan empat Subbag, yang masing-masing dipimpin oleh Sugito, SE (Akademik), Ir. Sumarseno Aji, MM (Keuangan dan Kepegawaian), Yani Astutie, S.Sos (Perencanaan dan Sistem Informasi) dan Karso, S.Sos (Umum & Perlengkapan).
Selamat Datang di FISIP UNSOED ! Maju Terus Pantang Menyerah….

You are here