Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Belajar Langsung dari Praktisi Komunikasi Melalui KKL

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unsoed angkatan 2014 melaksanakan Kuliah kerja lapangan atau yang disingkat KKL. Kegiatan yang dilaksanakan  pada tanggal 7 – 12 mei 2017 lalu memilih lokasi di Pulau Bali. Kegiatan ini  diikuti oleh 97 mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan didampingi 2 dosen pembimbing mata kuliah KKL. Rombongan mahasiswa peserta KKL berangkat dilepas oleh Kaprodi S1, DR. Mite Setiansah,M.Si. Menurut DR. Mite Setiansah,M.Si., tujuan dilaksanakannya KKL ini adalah untuk memberikan gambaran dan pengetahuan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi tentang  praktik kehumasan dan media serta budaya, yang akan berguna kelak ketika memasuki dunia kerja setelah menempuh pendidikan di kampus.

Bali TV merupakan destinasi KKL pertama yang dilaksanakan mahasiswa KKL Ilmu Komunikasi. Bali TV merupakan media local nemun memiiki cakupan internasional. Rombongan KKL Ilmu Komunikasi disambut oleh perwakilan kantor Bali Pos Media Group, I Putu Bugi Safika. Kegiatan disisi diskusi terbuka, tanya jawab antara mahasiswa dengan pihak Bali TV. Para peserta KKL juga diberi kesempatan untuk melihat proses produksi siaran televisi dan melihat tempat produksi media cetak atau koran Bali Post beserta penjelasan mesin-mesin untuk mencetak surat kabar.

Destinisasi KKL kedua adalah Desa Adat Pangalipuran. Di desa Panglipuran, peserta KKL Ilmu Komunikasi disambut langsung oleh Kepala Desa Adat Pangalipuran, Bli Wayan. Kegiatan cukup komunikatif karena Kepala Desa dapat membawa suasana yang membuat para peserta ingin tahu lebih jauh lagi tentang Desa Adat Pangalipuran. Di tempat ini mahasiswa belajar tentang komunikasi lintas budaya yang terjadi disana. Hal ini sangat menarik karena Desa Adat Pangalipuran dapat tetap eksis dan mempertahankan nilai-nilai luhurnya ditengah perkembangan zaman globalisasi yang arus informasi dan perubahan sangat cepat terjadi. Setelah sesi paparan dan diskusi, mahasiswa peserta KKL diijinkan  melihat-lihat desa, bangunan asli Bali dan berkomunikasi langsung dengan warga Desa Adat Pangalipuran.

Pemerintah Kota Denpasar menjadi destinasi ketiga, tujuan kunjungan di tempat ini adalah untuk mempelajari tentang Kehumasan Pemerintah Kota Denpasar. Rombongan peserta KKL, disambut oleh Kabag Humas dan Protokol Sekda Kota Denpasar IB Rahoela didampingi oleh Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar, Dewa Gede Rai. Pada kesempatan ini, peserta KKL belajar langsung pada pakar sekaligus praktisi kehumasan dan protokoler Pemerintah Kota Denpasar. Sebagai kegiatan terakhir dari rangkaian KKL mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah mengikuti presentasi dari Ibu Marina, pakar kehumasan dari konsultan PR yang sudah berkiprah di dunia PR selama 27 tahun.. Diskusi ringan dengan pemateri berjalan seru dan sangat komunikatif, menjadi salah satu media untuk memperdalam pengetahuan dan wawasan mahasiswa peserta KKL. 
 

You are here