Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Strategi Dan Pola Jaringan Klientelisme Dalam Pemenangan Pasangan Petahana Idza Priyanti Dan Narjo Pada Pilkada Brebes Tahun 2017

タイトルStrategi Dan Pola Jaringan Klientelisme Dalam Pemenangan Pasangan Petahana Idza Priyanti Dan Narjo Pada Pilkada Brebes Tahun 2017
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSetiawan, Ryan Bagus
Call NumberPOL.517
Other NumbersF1D013032
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of PublicationSubmitted
Date Published03/2018
要約

Penelitian yang berjudul “Strategi dan Pola Jaringan Klientelisme Dalam Pemenangan Pasangan Petahana Idza Priyanti Dan Narjo Pada Pilkada Brebes Tahun 2017”. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan fenomena petahana pada pilkada Kabupaten Brebes dari tahun ke tahun serta keuntungan dan kerugian yang dimiliki. 2) Mendeskripsikan penggunaan strategi dalam proses pemenangan pasangan petahana Idza Priyanti dan Narjo pada pilkada Kabupaten Brebes tahun 2017. 3) Mendeskripsikan bagaimana pola jaringan Klientelisme yang dibangun oleh pasangan petahana Idza Priyanti dan Narjo dalam proses pemenangan pada pilkada Kabupaten Brebes tahun 2017 khususnya di
wilayah Brebes Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme serta menggunakan perspektif sturkturalis dan pendekatan fenomenologi. Sementara dalam pemilihan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Di dalam kerangka pemikiran penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran Pilkada, Keuntungan atau Kerugian Petahana, Politik Uang Patronase dan Klientelisme. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pilkada Kabupaten Brebes selalu diikuti oleh pasangan petahana, mulai dari pilkada langsung tahun 2007, 2012 dan 2017. Faktor keuntungan jabatan menjadi salah satu faktor penentu kemenangan petahana pada pilkada di Kabupaten Brebes khususnya pada pasangan petahana Idza-Narjo. Terdapat dua pola strategi yang digunakan pasangan petahana tersebut dalam proses pemenangan pilkada Brebes tahun 2017, strategi tersebut adalah strategi yang bersifat personalistik yang menekankan pada pola hubungan personal antara kandidat politik dengan pendukung dan strategi materialistik yang merujuk pada pola pertukaran keuntungan materi dengan dukungan politik. Selain itu, penggunaan jaringan-jaringan pribadi maupun sosial digunakan oleh pasangan petahana tersebut dalam pemenangan pada pilkada Brebes tahun 2017. Pasangan Idza-Narjo menggunakan jaringan pertemanan sebagai Tim Relawan dan Jaringan organisasi pada Organisasi Fatayat NU guna menggalang dukungan suara hingga tingkat bawah. Tentunya dukungan tersebut tidak serta merta diberikan secara gratis, terdapat timbal balik yang diberikan oleh pasangan petahana tersebut baik secara material maupun non material. Pada akhirnya pasangan petahana Idza-Narjo mengungguli pasangan lawannya dengan jumlah suara sebanyak 67% berbanding 37%.

キーワードFatayat NU., Klientelisme, Patronase, Petahana, Pilkada, Tim Relawan
Citation Key3361