Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Peran Komite Sekolah dalam Manajemen Satuan Pendidikan (Studi Kasus pada SMP Negeri 1 Purwokerto dan SMP Negeri 7 Purwokerto)

タイトルPeran Komite Sekolah dalam Manajemen Satuan Pendidikan (Studi Kasus pada SMP Negeri 1 Purwokerto dan SMP Negeri 7 Purwokerto)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsKustiana, Okti
Call NumberANE.882
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2016
Date Published02/2016
要約

RINGKASAN
Penelitian ini berjudul “Peran Komite Sekolah dalam Manajemen Satuan Pendidikan (Studi Kasus pada SMP Negeri 1 Purwokerto dan SMP Negeri 7 Purwokerto). Komite sekolah dibentuk untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan. Keberadaan komite sekolah dimaksudkan untuk mewadahi dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam manajemen sekolah sesuai dengan peran dan fungsi yang berkenaan pada perencanaan, penyelenggaraan, dan evaluasi program satuan pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan membandingkan Peran Komite Sekolah dalam Manajemen Satuan Pendidikan di SMP Negeri 1 Purwokerto dan SMP Negeri 7 Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pemilihan informan purposive sampling dan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana. Kemudian keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, peran komite sekolah dalam manajemen satuan pendidikan pada SMP Negeri 1 Purwokerto dan SMP Negeri 7 Purwokerto yaitu adanya perbedaan secara teknis dalam menjalankan peran komite sekolah sesuai Kemendiknas Nomor 044/U/2002. Secara keseluruhan peran komite SMP Negeri 1 Purwokerto sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan pengawas, dan badan penghubung telah dilakukan dengan baik. Sedangkan peran komite sekolah pada SMP Negeri 7 Purwokerto secara keseluruhan masih kurang aktif. Komite masih mengalami kesulitan dalam menjalankan peran dan fungsi komite terutama sebagai badan penghubung. Komite tidak dapat memediasi dengan baik hubungan sekolah dengan orang tua dalam mewujudkan pendidikan di satuan pendidikan.
Implikasi yang dapat disampaikan yaitu meningkatkan intensitas keterlibatan komite sekolah dalam perencanaan dan pelaksanaan programprogram sekolah.
Kata Kunci : Komite Sekolah, Manajemen Satuan Pendidikan

SUMMARY
The research titled “The Role of School Committe in Education Unit Management” (Case Study in SMP Negeri 1 Purwokerto and SMP Negeri 7 Purwokerto). School commite built for support education implementation in education unit. The existence of school commite mean to provide and to increase citizen participation in school management appropriate with their role and function in planning, organizing and evaluating programs education unit. The purpose of this research is to describe and to compare the role of the
school committee in education unit management of the SMP Negeri 1 Purwokerto
and SMP Negeri 7 Purwokerto. The research purposive sampling technique and
accidental sampling. The data was collected through interviews, observation and
documentation. Analytical methods used are interactive analysis model according
to Milles, Huberman, and Saldana. Then validity were tested by triangulation of
data sources.
Based on the result, the role of school committe in education unit
management of the SMP Negeri 1 Purwokerto and SMP Negeri 7 Purwokerto was
different tecnically in implementing the roles of school committe appropriate with
Kemendiknas Nomor 044/U/2002. Overall the role of school committe of SMP
Negeri 1 Purwokerto as advisory agency, supporting agency, controlling agency,
and mediator agency have done good. Meanwhile the roles of school committe of
SMP Negeri 7 Purwokerto still not really active. The school committe still deal
with the barrier on implementing roles and function, especially as mediator
agency between school and parents to create education in education unit.
The implication of this research is increase intensity of school committe
contribution in planning and implementation the schools programme.
Keywords : school committe, education unit management

キーワードKomite Sekolah, Manajemen Satuan Pendidikan
Citation Key2586