Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Kinerja Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Banyumas dalam Pemberdayaan UKM (Studi kasus UKM Unggulan Kabupaten Banyumas)

タイトルKinerja Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Banyumas dalam Pemberdayaan UKM (Studi kasus UKM Unggulan Kabupaten Banyumas)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsKhotimah, Khusnul
Call NumberANE.924
Other NumbersF1B010010
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2016
Date Published05/2016
要約

Penelitian ini berjudul “Kinerja Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (Studi kasus UKM Unggulan Kabupaten Banyumas)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya Dinperindagkop Kabupaten Banyumas untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah yang maju, mandiri, tangguh dan berdaya saing melalui program pemberdayaan usaha kecil menengah. Lokasi penelitian bertempat di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Banyumas sebagai pelaksana program dalam pemberdayaan usaha kecil menengah serta beberapa pelaku UKM Unggulan Kabupaten Banyumas yang terdiri dari pelaku UKM Gula Kelapa, pelaku UKM Batik dan pelaku UKM Getuk Goreng sebagai penerima program pemberdayaan usaha kecil dan menengah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Banyumas dalam pemberdayaan UKM. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keberhasilan atau outcome dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Banyumas dalam pemberdayaan UKM di Kabupaten Banyumas masih belum mencapai hasil yang diharapkan, karena kurangnya sumber daya atau input yang dimiliki. Minimnya informasi dalam proses dan pelaksanaan pemberdayaan UKM di Kabupaten Banyumas. Selain itu, anggaran APBD yang di alokasikan untuk melaksanakan program pemberdayaan UKM tidak banyak, sedangkan jumlah UKM di Kabupaten Banyumas sejumlah 66.530 UKM Berdasarkan hal diatas guna memperoleh keberhasilan yang lebih baik, Dinperindagkop Kabupaten Banyumas harus menjalin komunikasi dengan para pelaku UKM di Kabupaten Banyumas guna mengawal kepentingan UKM yang ada di Kabupaten Banyumas agar tercapainya tujuan pengembangan UKM yang maju, mandiri, tangguh dan berdaya saing. Selain itu, dikarenakan minimnya anggaran dana kegiatan, Dinperindagkop Kabupaten Banyumas perlu membangun kemitraan yang baik dengan pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan pemberdayaan UKM seperti Dinas Pariwisata, Jasa Transportasi dan Hotel guna mecapai keberhasilan dalam pemberdayaan UKM.
Kata kunci: Kinerja, Pemberdayaan, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

キーワードKinerja, pemberdayaan, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
Citation Key2699