Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Kinerja Dinas Pendidikan dalam Mewujudkan Pendidikan Dasar Berkualitas di Kabupaten Banyumas

タイトルKinerja Dinas Pendidikan dalam Mewujudkan Pendidikan Dasar Berkualitas di Kabupaten Banyumas
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsEridayanti, Irma Yuniar
Call NumberANE.662
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2012
Date Published07/2013
要約

Penelitian ini dilatarbelakangi masih terbatasnya anggaran yang dimiliki Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, banyaknya jumlah guru yang belum memenuhi syarat kualifikasi akademik, sarana prasarana sekolah belum layak dan mencukupi, serta masih banyak anak putus sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja Dinas Pendidikan dalam mewujudkan pendidikan dasar berkualitas di Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan kinerja Dinas Pendidikan dalam mewujudkan pendidikan dasar berkualitas di Kabupaten Banyumas.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan menggunakan purposive dan snowball sampling. Sasaran penelitian ini antara lain: pegawai bidang Pendidikan Dasar Kabupaten Banyumas, kepala sekolah serta guru SD dan SMP, serta komite sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Proses validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dengan cara membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, dari segi input, terbatasnya anggaran yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas membuat beberapa program kegiatan tidak berjalan. Jumlah guru SD dan SMP di Kabupaten Banyumas yang belum memenuhi syarat kualifikasi akademik masih banyak. Selain itu, sarana prasarana pendidikan belum layak dan mencukupi.
Kedua, dari segi proses, kegiatan pelatihan masih mengikuti kegiatan dari tingkat Provinsi. Hal tersebut dikarenakan masih terbatasnya anggaran yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Ketiga, dari segi output, jumlah lulusan siswa/i SD dan SMP setiap tahun mengalami peningkatan dan angka yang mengulang mengalami penurunan. Keempat, dari segi outcome, jumlah anak putus sekolah tiap tahun berkurang dan pencapaian IPM Kabupaten Banyumas pun menempati posisi pertama dibanding kabupaten di sekitarnya.

キーワードKinerja, kualitas pendidikan, pendidikan dasar
Citation Key1146