Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI PADA TINGKAT DASAR DI KABUPATEN BANYUMAS

タイトルEFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI PADA TINGKAT DASAR DI KABUPATEN BANYUMAS
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsNORMANITA, PRITA
Call NumberANE.774
Other NumbersF1B009047
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2014
Date Published07/2014
要約

Penelitiaan ini dilatar belakangi oleh karena adanya diskriminasi dalam pendidikan. Pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus acapkali di bedakan dengan anak normal pada umumnya. Munculnya kebijakan pendidikan inklusi sebagai bukti Education for All dalam penyelenggaraannya yakni diterapkannya pendidikan anak berkebutuhan khusus dengan anak normal pada umumnya dalam satu lingkungan. Lokasi penelitian ini yakni di beberapa pendidikan dasar yakni Sekolah Dasar (SD dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Banyumas yang menerapkan kebijakan inklusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa efektiv implementasi kebijakan pendidikan inklusi yang diterapkan di Kabupaten Banyumas, serta besarnya pengaruh komunikasi kebijakan, sumber daya kebijakan, disposisi atau kecenderungan kebijakan, struktur birokrasi kebijakan terhadap efektivitas kebijakan, baik secara parsial maupun secara bersamaan. Dengan sasaran penelitian adalah para implementor pendidikan inklusi dan wali murid anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode survey, dengan tekhnik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi kendall tau, analisis konkordansi kendall W dan regresi ordinal. Berdasarkan hasil analisis secara kuantitatif dalam penelitian ini dapat dijelaskan terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi kebijakan terhadap efektivitas kebijakan, dengan arah positif sebesar 0,302. Artinya, semakin baik komunikasi maka akan semakin baik pula efektivitas kebijakan, namun dengan pengaruh yang lemah. Terdapat pengaruh yang signifikan antara sumber daya kebijakan terhadap Efektivitas Implementasi Kebijakan, dengan arah positif sebesar 0,530. Artinya, semakin baik sumber daya kebijakan maka akan semakin baik pula efektivitas kebijakan, namun dengan pengaruh yang lemah. Terdapat pengaruh yang signifikan antara disposisi terhadap Efektivitas Implementasi Kebijakan, dengan arah positif sebesar 0,169. Artinya, semakin baik disposisi maka akan semakin baik pula efektivitas kebijakan, namun dengan pengaruh yang sangat lemah. Terdapat pengaruh yang signifikan antara struktur birokrasi terhadap Efektivitas Implementasi Kebijakan, dengan arah positif sebesar 0,536. Artinya, semakin baik struktur birokrasi maka akan semakin baik pula efektivitas kebijakan, namun dengan pengaruh yang lemah. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Komunikasi, Sumber-sumber, Disposisi, dan Sruktur Birokrasi terhadap Efektivitas Implementasi Kebijakan, dengan arah positif sebesar 0,727. Artinya, semakin baik Komunikasi, Sumber-sumber, Disposisi, dan Sruktur Birokrasi maka akan semakin baik pula efektivitas kebijakan, namun dengan pengaruh yang lemah dan pengaruh yang paling dominan dengan tingkat efektivitas yakni varibel sumberdaya.

This study is motivated because of discrimination in education for children with has special needs. Education for children with special needs are often distinguished by normal children in general. So many things that need to be reviewed in education. The emergence of inclusive education policy as proof of Education for All in its implementation, placing special needs children with normal children in an environment in general. The study was conducted in some elementary education, Elementary School (SD) and Junior High School (SMP) in Banyumas that implement inclusion policies. The purpose of this study is to investigate and analyze how equally effective implementation of inclusive education policies implemented in Banyumas, as well as the influence of policy communication, policy resources, disposition or tendency of policy, the effectiveness of bureaucratic structures partially. The object of this study is the implementor of inclusive education and parents with has special needs children. This study used quantitative research methods with an approach the survey method, the technique of collecting data through questionnaires, observation, documentation, and in-depth interviews. Hypothesis testing using Kendall tau correlation, Kendall W concordance analysis, and rdinal regression Based on the results of a quantitative analysis can be explained that there is a ignificant relationship between communications policy towards the effectiveness of policies, with the positive direction of 0, 302. That is, the better the communication will better the effectiveness of the policy, but with a weak influence. There are a significant difference between the effectiveness of the policy resource policy implementation, with the positive irection of 0, 530. It’s means that , the better the policy resources will better the effectiveness of the policy, but with a weak influence. There is a significant effect of the disposition of the effectiveness of policy implementation, with the positive direction of 0.1 69. Means that the better the disposition it will be better the effectiveness of the policy, but the effect is very weak. A significant difference between the bureaucratic structure of the Effectiveness of Policy Implementation, with the positive direction of 0, 536. It’s Means that the better the bureaucratic structure will better the effectiveness of the policy, but with a weak influence.
There is a significant relationship between communication, resources, Disposition and tructures berauccracy of the Effectiveness of Policy Implementation Inclusi, with the positive direction of 0, 727. It’s means that the better the communication, resources, disposition, and the bureaucratic structures that will better the effectiveness policy, but with a weak influence and a dominant relationship of the effectiveness of policy implementation Education Inklusi is resources.

Keywords: effectiveness, implementation, education policy, communications, bureaucratic structures, and the dispositionof resources

キーワードdisposisi dan sumber daya., efektivitas, implementasi, kebijakan pendidikan, Komunikasi, struktur birokrasi
Citation Key1715