HMJ AN FISIP UNSOED Telaah ‘Collaborative Governance’ melalui CSR

HMJ AN FISIP menyelenggarakan ‘Kunjungan Industri’ di Cilacap. Kunjungan berlangsung Selasa, 4 Oktober 2016, merupakan salah satu program kerja HMJ AN dari bidang penalaran. HMJ AN berkesempatan untuk mengunjungi PT. Pertamina (Persero) dan PT. Holcim Indonesia Tbk yang merupakan perusahaan besar yang bergerak pada bidang  penyediaan barang kebutuhan publik berupa bahan bakar dan bahan bangunan. Kunjungan industri ini dimaksudkan untuk menelaah aspek tanggung jawab sosial perusahaan atau dikenal sebagai CSR (Coporate Social Reposibility) apakah sesuai dengan regulasi pemerintah sekaligus sesuai sasaran.

Pembina HMJ AN Unsoed, Dr. Alizar Isna menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada dua perusahaan besar ini yang telah memberikan kesempatan yang berharga kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi kesesuaian ilmu dengan praktek di dunia industri. Terlebih, mahasiswa telah mempelajari CSR sebagai bentuk Collaborative Governance yang berkeadilan sosial dan berkelanjutan.

PT. Pertamina Cilacap merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang bahan bakar yang berkontribusi pada pemenuhan kebutuhan publik sekitar 60% bahan bakar dipasok untuk wilayah Pulau Jawa, dimana kilang minyak PT. Pertamina Cilacap ini merupakan kilang terbesar di Indonesia untuk pengolahan minyak. Dalam aspek CSR (Coporate Social Reposibility) PT. Pertamina Cilacap berkomitmen untuk membangun dan memajukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang terkena dampak aktivitas perusahaan ini.

Kunjungan kedua yakni ke PT. Holcim Indonesia Tbk yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang bahan bangunan dan kontruksi yang tersebar diseluruh Indonesia. CSR PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat sekitarnya. Komunikasinya  melalui FKM (Forum Komunikasi Masyarakat) dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, Pemerintah Daerah dsb. Sama halnya dengan PT. Pertamina Cilacap CSR sangat memperhatikan aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan serta pembangunan infrastruktur publik, sehingga aktivitas perusahaan ini mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. (DBU)

HMJ AN FISIP, Maju Terus Pantang Menyerah !

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Windows Lizenz Windows 10 Lizenz Office 2019 Lizenz Kaufen Office 365 kaufen Windows 10 Home kaufen Office 2016 kaufen windows 10 satın al windows 10 pro satın al