Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Workshop Kurikulum S2 Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi kembali berkiprah untuk mendukung terwujudnya UNSOED sebagai world class civic university. Pada hari Sabtu, 1 Desember 2012 di ruang rapat FISIP diselenggarakan kegiatan yang bertajuk Workshop Kurikulum Program Studi Pascasarjana Ilmu Komunikasi Unsoed. Acara ini menghadirkan dua pembicara kunci; Dr. Atwar Bajari, M.S. dari Universitas Padjajaran dan Ari Asnani, Ph.D dari LP3K Unsoed.

Dalam kata sambutannya, Dr. Toto Sugito, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, mengatakan mengenai pentingnya penyesuaian kurikulum S2 dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Sementara Drs. Muslihudin, M.Si, Dekan FISIP, menjelaskan mengenai program studi di lingkungan kerja FISIP yang saat ini sedang mengembangkan embrio pendirian pascasarjana dan program doktoral. Dekan menambahkan bahwa pada 2013 diharapkan program pascasarjana ini dapat mulai melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dengan berbekal SDM di Jurusan Ilmu Komunikasi, yakni 3 orang pengajar yang telah bergelar doktor, dan 4 orang lainnya yang sedang dalam proses akhir, maka harapan tersebut tampaknya sangat mungkin terealisasi.

Ari Asnani, Ph.D dalam presentasinya mengatakan mengenai pentingnya pemahaman deskriptor profil lulusan serta ciri khas program studi untuk menentukan aspek-aspek penekanan pada kurikulum. Sementara, Dr. Atwar Bajari menjelaskan mengenai pengalaman Program Studi Ilmu Komunikasi Padjajaran dalam mengelola kurikulum. Acara yang ditutup pada pukul 15.00 akhirnya menyimpulkan mengenai pentingnya diskusi serta kontemplasi kurikulum program pascasarjana yang hendak diselenggarakan. Tidak kalah penting kurikulum ini juga harus dibedakan dengan beberapa program studi yang sudah mapan seperti program studi sarjana, ataupun program studi yang mungkin akan didirikan nantinya seperti program studi vokasional, serta program studi doktoral.

You are here