Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Ilmu Politik UNSOED Gelar Diskusi Publik "Pendidikan dan Kebangsaan"

Bertempat di Aula Fisip UNSOED, Jum'at kemarin (9/11) digelar diskusi publik yang bertema "Pendidikan dan Kebangsaan". Diskusi yang diselenggarakan oleh Laboratorium Ilmu Politik Fisip ini, menghadirkan Anies R. Baswedan Rektor Universitas Paramadina Jakarta dan Anjar Nugroho, pemerhati pendidikan. Dalam pandangannya, rasa Percaya diri untuk berani mensyukuri kemajuan yang telah dicapai telah hilang pada bangsa ini. Bangsa ini sekarang lebih mudah menerima sesuatu yang buruk atau negatif menjadi pembenaran.

"Mensyukuri kemajuan kini berubah menjadi rasa tidak puas. Kalau ada kabar buruk langsung dipercaya, ini terjadi karena rasa percaya diri sebagai bangsa yang terus berubah dan tidak diterima secara masif," ungkap Ketua Gerakann Indonesia Mengajar ini.

Menurut penetus "Ini soal Tenun Kebangsaan, Titik" ini, untuk menata kondisi tersebut harus dimulai dari nol. Artinya, bangsa ini harus bisa melihat akar masalah dan kesejarahan untuk menatap masa depan. "Caranya harus mulai dari pendidikannya dulu dan dibereskan dengan gerakan kolektif rakyat," terangnya. Kondisi bangsa saat ini terbagi menjadi tiga kelas dan terjadi ketimpangan yang luar biasa, yaitu kelas kaya dan miskin, berpengetahuan dan tidak berpengetahuan serta kelas menengah atas dan kelas bawah. "Dan Republik ini tidak dirancang untuk melindungi minoritas. Tidak juga untuk melindungi mayoritas. Republik ini dirancang untuk melindungi setiap warga negara, melindungi setiap anak bangsa," tandasnya.

You are here