Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Ulang Tahun Kedua Program Studi Sastra Jepang

Jumat, 10 Agustus 2012 bertempat di Ruang 4 Jurusan Ilmu Budaya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Jenderal Soedirman diselenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun Program Studi Sastra Jepang Kedua sekaligus acara buka puasa bersama. Di hadiri sekitar 100 orang yang terdiri dari pejabat dilingkungan Fisip, dosen, karyawan, mahasiswa dan keluarga ini tepat pukul 17.00 WIB acara mulai. Diawali pembacaan ayat suci al quran oleh bapak Sucipto, dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit tentang "Sepuluh hari menjelang berakhirnya puasa” yang berisi antara lain agar meningkatkan ibadahnya karena Allah menjanjikan akan dilipatgandakan 1000 kali lipat selama 10 (sepuluh) hari menjelang berakhirnya bulan suci Ramadhan. 

Drs. Muslihudin, M.Si Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unsoed dalam sambutanya mengatakan mengucapkan selamat pada Program Studi Sastra Jepang dalam ulang tahunnya ke dua dan merasa ikut bersyukur karena peminat Program Studi Sastra Jepang dari tahun ketahun semakin meningkat, hal ini menunjukan bahwa sudah mulai dikenal oleh masyarakat. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa acara ini juga merupakan ajang silahturahmi bagi prodi Sastra Jepang pada khususnya dan Jurusan Ilmu Budaya pada umumnya. Setelah sambutan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Program Studi Sastra Jepang ibu Ida Hamidah diberikan pada Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unsoed.

Ketua Prodi Sastra Jepang, Ida Hamidah , SS, M.Hum dalam sambutannya mengatakan diulang tahun kedua ini, selain menjalin silahturahmi keluarga dengan berbuka bersama juga agar terjalin kerjasama yang baik antar  pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa sehingga kemajuan di bidang Tri Dharma perguruan tinggi akan segera tercapai. Jumlah mahasiswa saat ini telah mencapai 82 org dan pada tahun ajaran 2012/2013 ini akan menerima mahasiswa baru sebanyak 50 orang.

Beberapa upaya untuk meningkatkan kuantitas jumlah pendaftar pada Prodi Sastra Jepang antara lain dengan mengirim brosur ke SMA, SMK, MAN se Jateng dan Jabar juga mendatangi SMA 1,2, 3, 4 dan 5 serta SMK dan MAN yang terdapat mata pelajaran bahasa Jepang. Pada tanggal 1 April 2012 mengadakan Japanesse Day di Aula FISIP UNSOED yang dihadiri sekitar 200 siswa dengan mengetengahkan tentang budaya Jepang antara lain masakan Jepang, melipat kertas serta berbusana Jepang(Kimono). Sedangkan untuk meningkatkan kualitas Prodi Sastra Jepang bekerjasama dengan JICA yaitu untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan tulisan untuk dosen selama 2 tahun dan 1 tahun terakhir untuk mahasiswa. Pihak JICA mengirimkan dosen bernama Katsuki Chei.

You are here