Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED : Padukan Penguasan Saintifik dan Keterampilan Teknis Komunikasi untuk Ciptakan Lulusan yang Kompeten

Menjelang tahun akademik 2012/2013, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED  terus meningkatkan kapasitasnya dalam memfasilitasi proses pembelajaran di program studi yang telah terakreditasi A ini. 

Sebagai program studi yang relatif cukup banyak diminati calon mahasiswa, maka salah satu mekanisme yang dilakukan adalah dengan menerjemahkan market signal atas apa yang dibutuhkan stakeholder sekaligus merepresentasikan visi universitas. Oleh karena itu, sejak tahun lalu, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED telah menetapkan profil lulusan adalah memadukan penguasaan konseptual dan keterampilan teknis komunikasi yang berorientasi pada pengembangan sumber daya pedesaan dan kearifan lokal. Terkait dengan hal tersebut, maka terdapat sejumlah kompetensi yang dirancang bagi para mahasiswa , dalam mekanisme pembelajarannya. Untuk menguasai konsepsi saintifik, mahasiswa dirancang untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif di bidang filsafat, teori, dan metode penelitian komunikasi dan kepekaan analisis di bidang komunikasi pengembangan sumber daya pedesaan dan kearifan lokal. Sedangkan terkait penguasaan teknis, mahasiswa didesain untuk memiliki kompetensi teknis di bidang  jurnalisme, hubungan masyarakat, penyiaran dan periklanan.

Untuk mendukung tercapainya target tersebut, sejumlah matakuliah konseptual yang ditawarkan diantaranya adalah Teori Komunikasi, Filsafat Komunikasi, Metode Penelitian Komunikasi, Psikologi Komunikasi, Sosiologi Komunikasi, Komunikasi Antarpersona, Komunikasi Kelompok, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Massa, Komunikasi Pembangunan, Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat dan Komunikasi Lintas Budaya. Sedangkan matakuliah praktikum diantaranya adalah Retorika/Public Speaking, Fotografi, Komunikasi Visual, Produksi Siaran Radio, Produksi Siaran TV, Jurnalistik Media Cetak & Elektronik, Iklan Media Cetak & Elektronik, Teknik dan Manajemen Kehumasan serta Komunikasi Bisnis.

Untu mendukung pembelajaran, maka Jurusan Ilmu Komunikasi didukung oleh 20 orang staf pengajar, di mana 3 orang diantaranya berkualifikasi doktor, 4 orang kandidat doktor, 11 orang magister/master dan 2 orang tengah studi lanjut kemagisteran. Tidak hanya itu, jurusan juga memiliki laboratorium yang secara teknis bertugas mempersiapkan proses perkuliahan berbasis praktikum. Untuk itu, saat ini laboratorium memiliki sejumlah infrastruktur seperti studio radio siaran, studio fotografi, studio grafis dan multimedia dan rencananya dalam waktu dekat akan dikembangkan studio audiovisual.

You are here