Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Delegasi Unsoed Torehkan Prestasi dalam Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional

Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (FKMHII) mengadakan pertemuan tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun yaitu Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PSNMHII) dan Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII). Pertemuan bergengsi ini digelar pada tanggal 7-11 Mei 2017 diUniversitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani)  Cimahi, Jawa Barat. Dunia Mahasiswa Hubungan Internasional selalu berkembang dari waktu ke waktu, segala daya dan upaya HI Unsoed dalam memajukan perspektif edukasi sekaligus praktik diplomasi telah dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengirimkan Delegasi / Perwakilan dari mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional Fisip Unsoed ke ajang kompetisi PSNMHII XXIX.  Pada PSNMHII kali ini, jurusan HI Unsoed mengirimkan 6 Delegasi terbaiknya dalam perhelatan akbar tersebut, yaitu Zakie Andiko Ramadhani dan Raka Yudhistira K sebagai delegasi chamber sidang forum, Nadya dan Annisa Dwiana Putri sebagai delegasi chamber paper presentation, serta Alif Fitrah Bagaskara dan Triandika Nugraha sebagai delegasi video competition.

Mengusung tema besar “The Discourse of Indonesia’s Matters: Smart Power, Possibility or Mission Impossible?” PSNMHII XXIX menjadi ajang pembuktian pembelajaran yang sangat berkualitas dan bermanfaat untuk seluruh Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia. Acara PSNMHII XXIX ini diikuti oleh 47 peserta dari 60 Universitas di Indonesia yang terdaftar sebagai anggota FKMHII. Pelaksanaan PSNMHII XXIX membagi kegiatan berdasarkan chamber atau kamar topik tersendiri, yaitu pertama chamber Sidang Forum (SF) yang menjadi fondasi dari keberlangsungan FKMHII karena membahas segala dinamika yang terjadi di dalamnya selama setahun belakangan dan akan merancang kegiatan selanjutnya untuk setahun kedepan dan chamber ini hanya diperuntukkan untuk Ketua Himpunan HI se-Indonesia serta partner yang ia tunjuk.

Kedua chamber Paper Presentation, di dalam camber ini mahasiswa hubungan internasional berlomba untuk dapat menampilkan penelitian atau kajian teoritisnya di hadapan tiga dewan juri yang berasal dari dua perwakilan kementerian luar negeri, satu dosen hubungan internasional Universitas Jenderal Achmad Yani dan mahasiswa hubungan internasional lain seluruh Indonesia. Chamber ini menjadi chamber yang sangat bergengsi dan dapat menjadi ruang kelas terbaik untuk dapat menerapkan pembelajaran teoritis hubungan internasional dari kampus masing – masing di tingkat nasional. Ketiga dan terakhir adalah Video Competition dalam kegiatan ini mahasiswa hubungan internasional dituntut untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan zaman dengan praktik membuat video edukasi kepada masyarakat luas dengan tema “Smart Power Indonesia”. Selain dapat menerapkan pemahaman teori, para mahasiswa juga dapat mengekspresikan dirinya dalam berkarya seni khususnya dalam dunia digital.

Kabar bahagia datang dari 2 chamber yang diikuti oleh delegasi HI Unsoed. Dari chamber Paper Presentation  Delegasi Universitas Jenderal Soedirman dapat meraih Juara 1 tingkat nasional kemudian disusul oleh Universitas Indonesia (UI) yang mendapatkan juara ke-2, dan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang mendapatkan juara ke-3. Diikuti oleh prestasi dari delegasi Video Competition yang berhasil menyandang juara ke-5 tingkat nasional dalam chamber Video Competition. Prestasi ini sangat membanggakan dan telah menjadi pemantik HI Unsoed untuk terus mendelegasikan mahasiswa terbaiknya  untuk meraih prestasi yang lebih banyak lagi baik di tingkat nasional maupun internasional
 

Maju Terus FISIP Unsoed...Pantang menyerah....!!

You are here