Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Tradisi Ngunjung Buyut (Studi Tentang Pemaknaan Tradisi Ngunjung Buyut Nyi Mas Gandasari Pada Masyarakat Desa Kasugengan Kidul Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon)

TitleTradisi Ngunjung Buyut (Studi Tentang Pemaknaan Tradisi Ngunjung Buyut Nyi Mas Gandasari Pada Masyarakat Desa Kasugengan Kidul Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsTriadhi, Putri Fauziah
Call NumberSOS.900
Other NumbersF1A013097
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published09/2017
Abstract

Penelitian ini berjudul “Tradisi Ngunjung Buyut (Studi Tentang Pemaknaan Tradisi Ngunjung Buyut Nyi Mas Gandasari Pada Masyarakat Desa Kasugengan Kidul Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon)”. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana pemaknaan masyarakat Desa Kasugengan Kidul dalam acara pelaksanaan Tradisi Ngunjung Buyut Nyi Mas Gandasari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan unit analisis adalah masyarakat Desa Kasugengan Kidul Kacamatan Depok Kabupaten Cirebon yang berpartisipasi dalam Tradisi Ngunjung Buyut Nyi Mas Gandasari. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam pada 10 orang informan serta dengan melakukan observasi secara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi Ngunjung Buyut Nyi Mas Gandasari merupakan warisan nenek moyang yang sampai sekarang masih tetap dilaksanakan oleh masyarakat Desa Kasugengan Kidul. Tradisi Ngunjung Buyut terdapat beberapa tujuan pelaksanaan yaitu yang pertama untuk mengenang leluhur yang pernah ada di Desa Kasugengan Kidul, untuk mempererat tali silaturrahmi antar warga Desa Kasugengan Kidul, Kemudian untuk mengungkap rasa syukur dan menanamkan rasa bangga atas budaya leluhur serta untuk tujuan syiar Islam, sebagai wilayah yang masih berlingkup Keraton Kasepuhan maka dalam masyarakat masih mempertahankan adat istiadat dan tradisi Ngunjung Buyut Nyi Mas Gandasari

Keywordsbudaya, Makna, Ngunjung Buyut, tradisi
Citation Key3195
You are here