Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Strategi Politik Badan Kekeluargaan Masyarakat Kota Bekasi dalam Proses Penentuan Dukungan Bagi Calon Kandidat Walikota pada Pemilihan Walikota Bekasi Tahun 2012

TitleStrategi Politik Badan Kekeluargaan Masyarakat Kota Bekasi dalam Proses Penentuan Dukungan Bagi Calon Kandidat Walikota pada Pemilihan Walikota Bekasi Tahun 2012
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsPRAKOSO, AMRIYONO
Call NumberPOL.336
Other NumbersF1D007048
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2014
Date Published09/2014
Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Strategi Politik Badan Kekeluargaan Masyarakat Kota Bekasi Dalam Proses Penentuan Dukungan Bagi Calon Kandidat Walikota Pada Pemilihan Walikota Bekasi tahun 2012”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses dukung mendukung kandidat walikota yang dilakukan oleh kelompok/organisasi yang berbasis di daerah. Pada saat pilkada berlangsung di hampir setiap wilayah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi politik yang digunakan BKMKB dalam proses penentuan dukungan kandidat walikota Bekasi tahun 2012.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling serta snowball sampling. Selain itu, penelitian ini menggunakan metode analisis interkatif sebagai teknik analisis data.
BKMKB adalah salah satu organsisasi masyarakat yang berbasis di daerah Bekasi. Dalam pemilihan walikota Bekasi tahun 2012, BKMKB turut serta untuk mendukung salah satu pasang calon yang bertarung dalam agenda lima tahunan tersebut. Proses penentuan dukungan yang dilakukan oleh BKMKB dilakukan dengan cara musyawarah dari anggota dan pengurus hingga mencapai kesepakatan di tingkat pengurus besar. Adapun kriteria yang diambil oleh BKMKB yaitu, track record yang baik, kualitas kepemimpinan hingga putra asli daerah Bekasi. Hingga terpilihlah Rahmat Effendi sebagai sosok yang didukung oleh BKMKB. Selain karena ia merupakan pelaksana tugas walikota pada awal tahun 2012, Rahmat Effendi juga merupakan ketua umum dari organisasi BKMKB.
Proses pendukungan ini tentunya ada dukungan dan hambatan. Dukungan berasal dari sosok Rahmat Effendi yang cukup populer di masyarakat Bekasi serta cukup signifikannya anggota organisasi BKMKB di wilayah Kota Bekasi. Hambatannya berasal dari sebagian anggota yang mempunyai kepentingannya tersendiri. Hal ini dikarenakan anggota BKMKB bukan hanya orang asli Bekasi, namun juga orang pendatang yang berada di Bekasi dengan berbagai latar belakang dan juga berbagai partai yang tidak sepenuhnya setuju dengan pencalonan Rahmat Effendi.

KeywordsKota Bekasi, Organisasi kemasyarakatan, Pilkada, Strategi Politik
Type of WorkUndergraduate Thesis
Citation Key1840
You are here