Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Strategi Pemenangan Pasangan Tatto S Pamudji - Syamsul Pada Pilkada Kabupaten Cilacap Tahun 2017

TitleStrategi Pemenangan Pasangan Tatto S Pamudji - Syamsul Pada Pilkada Kabupaten Cilacap Tahun 2017
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsParisha, Opi Guseno
Call NumberPOL. 511
Other NumbersF1D011047
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published12/2017
Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pemenangan Pasangan Tatto S Pamudji-Syamsul Pada Pilkada Kabupaten Cilacap tahun 2017”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami strategi apa saja yang digunakan oleh pasangan Tatto-Syamsul pada Pilkada Kabupaten Cilacap 2017. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui data primer yang di dapat dari wawancara mendalam dengan narasumber dan data sekunder yang diperoleh dari buku-buku, jurnal dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemenangan yang digunakan pasangan Tatto-Syamsul dalam Pilkada Kabupaten Cilacap tersebut melalui beberapa tahap. Pertama, melalui pola rekruitmen pasangan Tatto-Syamsul, dihasilkan dari mekanisme pencalonan di dalam Partai Golkar. Kedua, pembentukan dan konsolidasi tim sukses pemenangan yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, PKB dan Demokrat yang menjadi kekuatan utama. Ketiga, popularitas Incumbent Tatto khususnya di dalam masyarakat. Keempat, strategi penguasaan medan melalui segmentasi pemilih.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemenangan mutlak yang diperoleh pasangan Tatto dan Syamsul merupakan suatu fenomena yang sudah dapat di prediksi, dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan strategi pasangan incumbent lebih berjalan secara terstruktur dan sistematis. Strategi yang digunakan berasal dari tiga komponen, yaitu peran figur Tatto, peran Tim Sukses Pemenangan dan pemanfaatan sektor birokrasi dan non birokrasi. Dari ketiga komponen tersebut, peran figur Tatto ternyata paling dominan.

KeywordsPemasaran Politik, Pilkada, Strategi Pemenangan
Citation Key3294
You are here