Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Strategi Komunikasi Instruksional Kurikulum 2013 (Studi Kasus: Sd Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto)

TitleStrategi Komunikasi Instruksional Kurikulum 2013 (Studi Kasus: Sd Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsIslami, Sarah Qaida
Call NumberKOM.923
Other NumbersF1C014056
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published09/2018
Abstract

Kurikulum 2013 adalah sebuah kurikulum yang tidak hanya menekankan aspek kognitif dalam pendidikan, namun juga aspek sosial, spiritual, dan keterampilan yang meminta siswa untuk turut aktif dalam proses pembelajaran. Kurikulum 2013 ini diciptakan sebagai bentuk perbaikan pendidikan Indonesia. Dalam hal ini pendidikan merupakan sebuah proses komunikasi dari guru ke siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi instruksional yang digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013 khususnya pada siswa kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya adalah bahwa strategi komunikasi instruksional yang digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013 khususnya pada siswa kelas 1 SD adalah bahwa guru menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal yang dimasukkan ke dalam permainan, nyanyian, dan bermain peran. Selain itu, penting untuk mengkondisikan mood siswa sebelum memulai pelajaran demi kelancaran proses belajar. Guru menggunakan reward dan punishment sebagai bentuk penguatan kepada siswa untuk dapat ikut aktif dalam pembelajaran.

KeywordsKomunikasi Insruksional, Kurikulum 2013, Pembelajaran, strategi
Citation Key3552
You are here