Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Strategi Kemenangan Pasangan Petahana Neneng Hassanah Yasin Dan Eka Supria Atmaja Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bekasi Tahun 2017

TitleStrategi Kemenangan Pasangan Petahana Neneng Hassanah Yasin Dan Eka Supria Atmaja Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bekasi Tahun 2017
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsAnastasya, Ingrid
Call NumberPOL.538
Other NumbersF1D013012
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published09/2018
Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Kemenangan Pasangan Petahana Neneng Hassanah Yasin Dan Eka Supria Atmaja Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bekasi Tahun 2017”. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai strategi kemenangan pasangan petahana Neneng Hassanah Yasin dan Eka Supria Atmaja yang mampu memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan kepala daerah langsung tahun 2017 di Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme khususnya nonpositivisme serta menggunakan perspektif sturkturalis dan pendekatan studi kasus. Sementara dalam pemilihan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sementara untuk teknik analisis data menggunakan analisa kualitatif deskriptif dengan model analisis interaktif. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi data sumber. Di dalam landasan teori penelitian menggunakan teori pilkada, strategi politik, komunikasi politik, pemasaran politik, dan kampanye politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kemenangan yang digunakan pasangan Neneng Hassanah Yasin – Eka Supria Atmaja dalam Pilkada Kabupaten Bekasi 2017 tersebut melalui beberapa tahap. Pertama, melalui rekruitmen pencalonan oleh partai Golkar. Kedua, pembentukkan partai koalisi dan tim sukses yang terdiri dari partai Golkar, PAN, Nasdem, dan Hanura. Ketiga, popularitas petahana Neneng Hassanah Yasin di dalam masyarakat. Keempat, penggunaan strategi marketing yang menarik seperti penggunaan media massa, mengadakan panggung terbuka serta pawai motor. Kelima, strategi penguasaan medan melalui segmentasi, targeting, dan positioning pemilih.

KeywordsPetahana, Pilkada, strategi
Citation Key3534
You are here