Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Praktik Marketing Politik dalam pemenangan pasangan Iing Syam Arifin – Jeje Wiradinata pada pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2013 di Kabupaten Ciamis

TitlePraktik Marketing Politik dalam pemenangan pasangan Iing Syam Arifin – Jeje Wiradinata pada pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2013 di Kabupaten Ciamis
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSurahmi, Rinda
Call NumberPOL.365
Other NumbersF1D008007
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto, Jawa Tengah Indonesia
Year of Publication2015
Date Published03/2015
Abstract

Penelitian ini berjudul Praktik Marketing Politik dalam pemenangan pasangan Iing Syam Arifin – Jeje Wiradinata pada pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2013 di Kabupaten Ciamis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memahami sejauh mana praktik marketing politik yang dilakukan oleh pasangan Iing Syam Arifin-Jeje Wiradinata pada Pemilihan Umum Kepala Daerah tahun 2013 di Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk validitas data yang digunakan adalah menggunakan teknik triangulasi data.Hasil penelitian ini yaitu Marketing politik yang dilakukan oleh pasangan Iing Syam Arifin- Jeje Wiradinata pada Pemilihan Umum Kepala Daerah tahun 2013 di Kabupaten Ciamis menerapkan 4Ps bauran marketing, yaitu: 1) Produk (product) berarti partai, kandidat dan gagasan-gagasan partai yang akan
disampaikan konstituen, 2) Promosi (promotion) adalah upaya periklanan termasuk penggunaan media dalam melakukan promosi, 3) Harga (Price),mencakup harga yang harus dibayar pemilih dan pasangan bupati dan wakil bupati yang terpilih yaitu mewujudkan harapan masyarakat dengan melaksanakan program-program yang telah dibuat, 4) Penempatan (place), adalah dengan melakukan pemetaan. Guna mendukung pelaksanaan marketing politik, pasangan Iing Syam Arifin- Jeje Wiradinata yang didukung penuh oleh partai-partai politik pengusungnya menerapkan segmentasi dan positioning dengan tepat, dan menggunakan strategi dengan pendekatan bauran trade offf yaitu mobilizing dan chasing.

KeywordsMarketing Politik, Pilkada, strategi
Type of WorkUndergraduate Thesis
Citation Key2120
You are here